PB PRSI Gelar Seleksi Nasional atlit polo Air Putri

KANALINDONESIA, JAKARTA : Dalam rangka persiapan Pelatnas SEA Game 2017, Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI menggelar seleksi nasional Polo Air Putri yang berlangsung di Kolam Renang GOR Pertamina Simpruk, Jakarta Selatan, 19-21 Januari 2017.

Seleknas dipimpin Komisi Teknik  Polo Air PB PRSI  yang diketuai Boyke Mulyana, dengan anggota Dean Baldwin, Michael Slwalette, Patar Panggabean, Zulfan Effendi yang juga dipantau langsung Pelatih Polo Air dari Serbia, Milos Sakovic. Perlu diketahui Serbia adalah negara peraih medali emas Polo Air Olimpiade 2016 dan juara dunia 2015.

Seleknas kali ini diikuti 39 atlet dari berbagai daerah, yang nantinya akan disaring menjadi 18 atlet yang akan masuk pelatnas SEA Games 2017 Malaysia.

Dijelaskan Boyke, tujuan digelar seleknas ini supaya dapat menjaring atlet-atlet Polo Air terbaik dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. “Kami meminta setiap Pengprov untuk mengirim atlet terbaiknya, melalui kuota yang ditentukan,” ujar Boyke yang diamini anggota Komtek lainnya.

Ketentuan kuota berdasarkan peringkat hasil PON 2016 di Jawa Barat, dan para atlet yang daerahnya tidak lolos dalam Pra PON 2016.

DKI Jakarta mengirimkan 11 atlet, Jawa Barat (10), Sumatera Selatan (5), Jambi (4), Sulawesi Selatan 3 atlet serta Jawa Timur, Yogyakarta dan Sumatera Utara masing-masing 2 atlet. Tes yang akan dijalani atlet meliputi tes kemampuan berenang, level teknik, kerjasama tim serta stamina.

“Di hari pertama saya belum bisa menilai secara detil. Namun gambarannya sudah mulai kelihatan. Sebagian atlet fisiknya agak agak menurun, tapi level teknik tidak jauh berbeda dengan hasil PON Jabar kemarin,” papar Boyke usai latihan sesi Rabu pagi, (19-01-2017).

Selama tiga hari mereka akan berlatih dua kali sehari. Sesi pagi 09.30 – 11.30 wib dan sesi sore 18.00 -20.00 wib di Kolam Renang Simpruk, Jakarta.

Rencananya Sabtu (21-01-2017) malam, PRSI akan langsung  mengumumkan 18 atlet yang berhak masuk pelatnas SEA Games Malaysia. Pelatnas sendiri dijadwalkan mulai awal Februari.(gardo)