Tim Gabungan Pemkab Madiun Hentikan Peternakan Babi

KANALINDONESIA.COM, MADIUN : Tak bisa tunjukan dokumen perijinan, peternakan babi milik Marudin Sitanggang yang berada di Dusun Bebek, Desa Mojorayung, Kecamatan Wungu, kepada tim gabungan Pemkab Madiun akhirnya diperintahkan untuk dihentikan, Kamis (19/01/2017).
“Kami setelah melakukan peninjauan, pengecekan lokasi dan meminta surat ijin, ternyata tidak ada surat ijin. Sehingga usaha dilakukan illegal, jika mau mengurus ijin silahkan. Tapi, ada persyaratan yaitu sosialisasi kepada warga sekitar, jika warga tidak mau, ya, tidak bisa,” ujar Suryanto dari KPPT.
Sedangkan, Estu Dwi dari Dinas Pertanian dan Peternakan merasa prihatin atas kondisi kandang dan hewannya. Ia mengatakan hasil pengamatan kandang tidak pernah dilaksanakan penyemprotan antiseptik, sehingga rawan terjangkit penyakit. Kondisi ternak tidak pernah di cek kesehatannya.
“Seharusnya, ternak dan kandang babi tetap disemprot dengan antiseptik secara berkala. Hal itu untuk mencegah penyakit walaupun selama ini belum pernah terjadi wabah penyakit akibat adanya ternak babi itu,” ujarnya.
Keprihatinan serupa disampaikan Arif Mumpuni dari Bidang Lingkungan Hidup, karena terjadi pencemaran lingkungan.
Menurutnya keberadaan kandang babi itu membuat polusi udara dan air. Padahal, sesuai peraturan usaha peternakan limbahnya harus diolah terlebih dulu. Setelah itu, hasil olahannya bisa dibuang atau dimanfaatkan.
“Seharusnya ada semacam spiteng secara tertutup untuk pembuangan limbah ternak,” ujarnya serius.
Sedangkan, Krisna Setiawan Kasi Ops Satpol PP Kabupaten Madiun menyampaikan karena perijinan tidak ada, maka peternakan babi tersebut harus ditutup sementara..
“Jadi harus dikosongkan, untuk batas waktu pengosongan masih menunggu rapat dari pihak-pihak terkait,” tandasnya.
Mendengar semua itu, pemilik peternakan babi tidak bisa berbuat banyak dan berjanji akan mematuhi semua disarankan petugas.
Tim gabungan terdiri dari Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu, Dinas Pertanian dan Pertenakan, Satpol-PP, KBO Reskrim Polres Madiun Iptu Parman. Turut hadir PlH Danramil 0803/05 Lettu Arm Khoirudin, Kades Mojorayung, Widodo lainnya.(AS)