Panglima TNI Buka Rapat TMMD ke 37 di Mabes TNI

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA :
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurrnantyo didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono membuka pelaksanaan Rapuma (Rapat Paripurna) TMMD ( TNI Manunggal Masuk Desa) yang ke-37 di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Jum’at (20/01/2017).

Acara pembukaan Rapuma TMMD direncanakan akan dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet Kerja yaitu Menteri Pertanian RI, Kapolri dan para Panglima Daerah Militer (Pangdam).

Kegiatan Rapat Paripurna TNI Manunggal Membangun Desa (Rapuma TMMD) merupakan rangkaian proses manajemen penyelenggaraan TMMD sekaligus sebagai sarana bagi Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD untuk berkoordinasi. Tujuannya adalah  untuk mewujudkan mekanisme dan tata laksana yang melembaga dan terpadu antara instansi yang tekait dalam mengevaluasi dan menyusun perencanaan program TMMD, guna meningkatkan kinerja dan hasil pelaksanaan program TMMD ke depan.

Tema yang diangkat dalam penyelenggaraan Rapuma TMMD kali ini yaitu “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI”.

Rapuma TMMD ke-37 hari ini diisi dengan kegiatan pelaporan dan evaluasi pelaksanaan program TMMD. Laporan dan evaluasi tersebut kemudian dijadikan bahan acuan untuk menyempurnakan perencanaan TMMD Tahun Anggaran 2017. Dalam acara tersebut juga disampaikan rencana umum pelaksanaan TMMD tahun 2017 oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasad, serta ceramah-ceramah dari pejabat Kementerian tentang sinergitas program Kementerian masing-masing dengan program TMMD, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rapuma TMMD ke-37 diikuti oleh 520 peserta, yang terdiri dari para staf PJO TMMD, anggota Tim Asistensi Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), para Danrem selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Pelaksanaan (PKP), para Aster Kotama/Kostrad/Kopassus, para Kapen Kotama/Kostrad/Kopassus, para Dandim/Dansatgas TMMD ke-98 dan ke-99, para Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi, para Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi, serta perwakilan Bupati/Walikota penyelenggera TMMD.

Untuk menyemarakkan kegiatan Rapuma TMMD ke-37, panitia juga menyelenggarakan Pameran Alat Peralatan Pertahanan (Alpalhan) dan Pameran Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang digelar di lapangan depan GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Masih di lokasi yang sama, juga digelar Pameran Serbuan Teritorial yang menampilkan produk-produk dan hasil kegiatan serbuan teritorial yang selama ini dilaksanakan oleh masing-masing Kotama.

Dalam pantauan kanalindonesia.com Panglima TNI juga menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada pemenang Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-37, serta penyerahan bantuan laptop kepada perwakilan siswa SMA dari seluruh Indonesia yang berjumlah 1.000 orang. Para siswa ini kemudian akan diajak melakukan Tour yang diberi tajuk “Wisata Nusantara Bersatu”, dimana beberapan agenda didalamnya termasuk menyaksikan Pameran Alpalhan, Alsintan dan meninjau Museum TNI di Mabes TNI. Dilanjutkan dengan berwisata ke Pulau Seribu sembari menonton film kegiatan TNI dan profil Taruna Akmil di KRI Banda Aceh .( ery ns)