Satu dari 4 WNA yang Diamankan akan Dideportasi

KANALINDONESIA.COM JOMBANG : Saalah 1 dari 4 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang terjaring dalam operasi tim Pengawasan Orang Asing (Pora) akan dideportasi, hal ini dikarenakan Warga Negara Asing (WNA) tersebut menyalahi ijin yang tertera dalam kartu tinggal terbatas (kitas).

Heru Widjajanto selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Jombang mengatakan bahwa, dari keempat WNA tersebut, adalah warga negara asal Korea yang akan dideportasi, sedangkan WNA asal India akan dibebaskan karena memiliki dokumen yang lengkap.

“Sedangkan 2 warga negara dari Cina masih dalam proses pemeriksaan di kantor Imigrasi Kediri,” ungkapnya.

Masih menurut Kepala Disnakertran Jombang, untuk terkait perusahaan dari 2 WNA tersebut yakni, perusahaan pengolahan biji plastik milik WNA Cina yang berlokasi di jalan raya Basuki rahmad, kecamatan perak serta pengolahan tongkol jagung milik WNA Korea, tidak pernah terdaftar di Disnakertran Jombang.
“Tidak ada yang mendaftarkn diri di Disnakertran Jombang. Hal ini bisa dikategorikan ilegal jika dari sudut pandang kami,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa, Tim Pora berhasil mengamankan 4 TKA, yang diduga melanggar Undang-undang Ketenaga kerjaan dan Undang-undang Keimgigrasian. Keempat orang asing tersebut adalah, Kim Byung Sam warga Korea, Lin Xuanmao dan Zhuang Heping keduanya warga Republik Rakyat Cina (RRC) dan Krishnasamy Manikandan warga negara asal India.(elo)