Pangdam Jaya Bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Bagikan Paket Sembako 

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana W.K. bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi dan Kalantamal III Brigjen TNI Marinir I Ketut Suardana S.H., menyelenggarakan kegiatan Bhaksos pembagian paket sembako kepada warga yang membutuhkan bertempat di Jalan Gunungsahari Raya Lantamal III Kelurahan Pademangan Barat Kecamatan Pademangan Jakarta Utara, Minggu (22/01/2017).

Kegiatan Bhaksos yang diperakarsai oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengambil Tema “Pembagian Paket Cinta Kasih Berbagi Kasih dan Kepedulian di Tahun Baru Imlek 2017″ , diawali dengan pembukaan dari Bapak Suriadi sebagai Sekretaris mewakili Pimpinan Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia.

Suriadi pada awal sambutannya menyampaikan tentang sekilas profil Tzu Chi dimana Yayasan Buddha Tzu Chi adalah sebuah NGO yang didirikan seorang Bhiksuni, yaitu Master Cheng Yen, pada tahun 1966. Yayasan ini berpusat di Hualien, Taiwan dan saat ini telah memiliki 372 kantor di 54 negara dan telah tercatat sebagai salah satu International NGO oleh Persikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Di Indonesia, Yayasan Buddha Tzu  Chi berdiri pada tahun 1993 dan hingga saat ini telah memiliki kantor perwakilan di 17 kota diseluruh Indonesia. Kegiatan Tzu Chi terfokus pada 4 Misi Utama yaitu Misi Amal Sosial, Misi Kesehatan, Misi Pendidikan dan Misi Budaya Humanis.

Perayaan Tahun Baru Imlek merupakan sebuah perayaan yang penuh makna bagi masyarakat Etnis Tionghoa. Perayaan ini merupakan suatu akar budaya, momen seluruh keluarga berkumpul dan saling berbagi; berbagi rezeki, kebahagiaan semangat baru, dan hal-hal baik lainnya. Maka dari itu, di tahun baru ini Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ingin berbagi semangat dan kebahagiaan Imlek bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu, katanya.

Adapun total Paket Tahun Baru Imlek yang telah dibagikan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia siang ini berjumlah 15.000 paket, setiap paketnya terdiri dari 10 kg beras dan 2 liter minyak. Pembagian akan dilakukan serentak pada tanggal 21 dan 22 Januari 2017 di 8 Kelurahan di DKI Jakarta, sebagai berikut: Pademangan Barat, Tegal Alur, Cengkareng Timur, Jelambar Baru, Teluk Gong, Kapuk Muara, Penjaringan dan Muara Angke.

Suriadi dalam akhir sambutannya mengatakan Yayasan Buddha Tzu Chi juga berharap agar cinta kasih dapat terus berlanjut selama-lamanya dan terus menyebar di dunia ini untuk menolong orang dari segala penderitaan dan menciptakan dunia yang aman dan tentram.

” Dalam menjalankan Misi Kemanusiaannya di wilayah Jakarta, Yayasan Buddha Tzu Chi Jakarta selalu mendapat dukungan dari Kodam Jaya, sehingga dapat terlaksana dengan baik, aman dan kondusif, itu semua tidak terlepas dari dukungan Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Teddy Lhaksmana,” imbuh Suriadi.

Dalam sambutan Pangdam Jaya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan dalam rangka Perayaan Tahun Baru Imlek 2568 yang jatuh pada tanggal 28 Januari 2017,  ini merupakan perwujudan dari hubungan baik yang selama ini terjalin antara Kodam Jaya/Jayakarta dengan Buddha Tzu Chi.

kata Pangdam Jaya, saling berbagi ini diibaratkan sumur yang tak pernah kering, semakin diambil airnya maka semakin jernih air yang ada disumur itu, artinya bahwa sedekah yang kita berikan ini akan membersihkan harta kekayaan yang kita peroleh dan jangan khawatir akan habis sumbernya, karena janji Allah Tuhan Yang Maha Esa bahwa akan dibalas setiap kebaikan walaupun sekecil debu.

Sejalan dengan itu maka acara pembagian paket sembako ini wujud kepedulian dan partisipasi serta perhatian masyarakat etnis Tionghoa terhadap sebagian warga DKI Jakarta.

Kegiatan saling berbagi seperti ini merupakan contoh yang baik terutama untuk memberikan pembelajaran kepada generasi muda saat ini. Selain itu juga kegiatan semacam ini dapat juga meningkatkan rasa kesetiakawanan dan kepedulian serta adanya nilai-nilai gotong royong yang harus terus ditumbuh kembangkan. ( ery ns)