Pemkab Pasuruan Siapkan Dana Rp.7 M untuk Tambal Jalan Rusak

KANALINDONESIA.COM, PASURUAN- Pemkab Pasuruan merencanakan pembenahan ratusan kilometer jalan di Kabupaten Pasuruan. Dana sekitar Rp 7 miliar disiapkan untuk perawatan secara tambal sulam. Dengan dana sebesar itu, bisa ada sekitar 125 kilometer jalan yang bakal dibenahi melalui anggaran pemeliharaan. Namun untuk perbaikan besar seperti aspal yang tergerus akibat banjir, belum bisa dilakukan.
Penanganan tersebut juga belum termasuk untuk kerusakan lain seperti plengsengan jalan.
“Selain tambal sulam jalan rusak, juga untuk pembenahan plengsengan jalan,” ujar Kepala Bidang Pemeliharaan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Suhartono. Besaran anggaran tersebut, lebih rendah dibanding tahun sebelumnya. Karena tahun lalu, mencapai Rp 15 miliar.
Suhartono mengklaim, besaran anggaran tahun lalu tersebut termasuk pemeliharaan PJU. Bukan semata-mata untuk pemeliharaan jalan. “Tahun lalu memang lebih besar, karena termasuk pemeliharaan PJU. untuk perawatan jalan sendiri sebetulnya sama, sekitar Rp 7 miliar. Karena untuk pemeliharaan PJU masuk bidang lain, bukan lagi kami,” sambung dia.
Dikatakan Suhartono, saat ini rencana pembenahan jalan di Kabupaten Pasuruan tersebut masih tahap survei. Survei itu ditujukan untuk mengetahui titik-titik jalan mana saja yang mengalami kerusakan. “Sekarang masih kami survei. Paling tidak April atau Mei sudah ada kegiatan,” ujarnya‎.‎ (bet)