Kasus Bupati MKP atas Dugaan Keterlibatannya Dalam Kredit Fiktif Bank Jatim Memasuki Babak Baru

Pembina LSM TC Jatim saat menunjukkan surat balasan dari KPK

KANALINDONESIA.COM JOMBANG : Kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), yang melibatkan Bupati Mustofa Kemal Pasha (MKP) dalam kasus pembobolan PT BPD Jatim Cabang H. Muhammad Surabaya (Bank Jatim) sebesar Rp 52,3 miliar, kini memasuki babak baru.

Pasalnya surat pengaduan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Transparency and Transportation Comunity (TC) Jatim no : 174/LP/TC.JATIM/XII.2016 kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang pengambilalihan kasus dugaan TPPU yang melibatkan MKP mendapatkan tanggapan oleh lembaga antirasuah tersebut.

Berdasarkan surat KPK nomor: R-257/40-43/01/2017 yang berisikan tanggapan akan melakukan kordinasi dan supervisi atas penanganan kasus tersebut.

Joko Fattah Rochim selaku pembina TC Jatim mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi atas langkah yang diambil KPK atas laporan yang dilakukan oleh lembaganya.

“Kami mengapresiasi atas langkah KPK yang merespon surat pengaduan kami. Kami juga berharap agar kasus yang melibatkan MKP segera diusut tuntas, sampai ke akar-akarnya,” ujarnya pada kanalindonesia.com.

Masih menurut Fattah,” dengan diterbitkan surat tersebut, maka kasus yang sudah hampir 2 tahun lebih ngendon ┬áini mulai mendapatkan sedikit harapan, dan ini merupakan bukti bahwa tidak ada orang yang kebal terhadap hukum,” tegasnya, Jumat(27/01/2017).

Saat disinggung apa harapan pihaknya kepada KPK atas kasus tersebut, pihaknya mengatakan,”kami mendukung KPK agar sesegera mungkin menangani kasus ini,” harapnya.(elo)