Gempa Bumi 4,9 SR Landa Tenggara Malang Tidak Berpotensi Tsunami

ilustrasi

KANALINDONESIA.COM, MALANG : Wilayah Malang diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,9 Skala Richter dengan pusat gempa pada koordinat 9.73 LS dan 112.87BT, tepatnya di laut pada jarak 166 km Tenggara Kab. Malang pada kedalaman 10 km.

Peta tingkat guncangan shake map BMKG menunjukkan, dampak gempabumi menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau II MMI di Malang.

Menurut laporan yang diterima Stasiun Geofisika Yogyakarta bahwa guncangan gempabumi di daerah tsb dirasakan oleh beberapa orang dan hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempabumi. Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi dengan pusat di laut bagian Tenggara Malang Jawa Timur ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi antara lempeng Indo Australia yang menunjam lempeng Eurasia dan tidak berpotensi tsunami. Secara seismik, zona Selatan Jawa memang zona yang sangat aktif, dan sering terjadi aktifitas gempa bumi dangkal.

Hingga analisa ini dibuat, tidak tercatat gempabumi susulan. Sehingga kepada warga Malang dihimbau agar tetap tenang.

sumber : Stasiun Geofisika Yogyakarta