Kepala Dinas Pertanian Jombang : Tenaga PPL Pertanian Boleh Rangkap Jabatan di Desa

Kepala dinas Pertanian jombang jombang

KANALINDONESIA.COM JOMBANG: Seperti diberitakan sebelumnya bahwa adanya dugaan rekayasa dalam pembangunan lumbung desa di Desa Tamping Mojo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, hal ini dikarenakan ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) nya merupakan tenaga honorer Sinas Pertanian (red : PPL Dinas Pertanian), yang diduga melanggar aturan dan memanipulasi sejumlah syarat pembangunan lumbung tersebut, oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Namun secara aturan bahwa seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian yang berada di Kecamatan boleh menjabat sebagai ketua organisasi atau lembaga di desa masing-masing.

Kepala Dinas Pertanian Jombang yakni Hadi Purwantoro, mengatakan bahwa boleh-boleh saja seorang tenaga honorer PPL Dinas Pertanian menjabat di lembaga maupun organisasi di Desa.

“Boleh-boleh saja kalau mau merangkap jabatan di organisasi desa, mungkin tenaga yang bersangkutan dibutuhkan oleh pihak desa. Secara aturan tidak ada yang dilanggar,” ungkapnya kepada kanalindonesia.com di kantornya, Senin (30/01/2017).

Saat disinggung soal adanya dugaan manipulasi data maupun pupuk bantuan untuk petani di desa tersebut, Kepala Dinas pertanian Jombang membantahnya.

“Tidak ada manipulasi pupuk di wilayah desa tersebut, justru secara tugas dan fungsi PPL Pertanian untuk mendata dan mengawasi penyaluran pupuk di desa itu,” tegasnya.

Ketika disinggung soal terkait adanya dugaan rekayasa dalam pembangunan lumbung desa, Ia mengatakan bahwa itu bukanlah kewenangan dari Dinas Pertanian.

“Soal bangunan lumbung kalau ada dugaan rekayasa, itu bukan kewenangan kami di Dinas Pertanian, melainkan itu kewenangannya Dinas Ketahanan Pangan,”pungkasnya.

Hingga berita ini diunggah pihak PPL dari Dinas Pertanian yang merangkap jabatan sebagai ketua Gapoktan Desa Tamping Mojo yakni M.Syaifudin, belum bisa dikonfirmasi, saat dikonfirmasi di rumahnya, pihaknya sedang tidak ada di rumah.(elo)