Banjir Lumpuhkan Jalur Pantura Pasuruan

KANALINDONESIA.COM, PASURUAN – Musibah banjir masih terus menghantui wilayah Pasuruan, seiring dengan masih tingginya curah hujan dan cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini. Entah sudah yang ke-berapa kalinya jalur Pantura Surabaya-Banyuwangi tepatnya di wilayah Kraton, terputus akibat banjir.
‎Senin (30/1/2017) malam banjir kembali menggenangi jalan raya Kraton. Hujan deras yang terjadi di wilayah hulu, membuat debit air Sungai Welang yang melintas wilayah Kraton kembali meluap. “Air mulai meluber ke jalan raya sekitar pukul 23.00 Wib,” ujar KanitRegident Satlantas Polres Pasuruan Kota, Iptu Zainudin yang standby di lokasi.
Genangan air pun semakin meninggi, seiring dengan pasangnya air laut. Hingga akhirnya pihak kepolisian pun terpaksa menutup total jalur Pantura tersebut sejak pukul 1.00 Wib Selasa (31/1/2017)‎ dinihari tadi. “Ketinggian air di jalan raya sudah mencapai 1Meter, dan tidak bisa dilewati kendaraan, hinga akhirnya kami tutup,” jelas Iptu Zainudin.
Imbas dari penutupan jalur Pantura tersebut, arus kendaraan dari arah Probolinggo yang menuju Surabaya maupun sebaliknya akhirnya tersendat dan kemacetan pun terjadi hingga beberapa kilometer. “Meski sudah kita arahkan melalui jalur alternatif, namun penumpukan kendaraan masih terjadi di beberapa titik simpul perempatan,” imbuh Iptu Zainudin‎. (bet)