Danbrigif -1 Marinir Tetapkan BTP,SRCPB dan Batalyon Kamdagri

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos menetapkan Batalyon Tim Pendarat (BTP), Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRCPB) dan Batalyon Keamanan Dalam Negeri (Kamdagri) dalam upacara militer di lapangan apel Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo Jawa Timur, Senin (30/01) kemarin.

Penetapan tersebut ditandai dengan penyerahan bendera BTP, SRCPB dan Kamdagri oleh Komandan Brigif-1 Marinir kepada Komandan Batalyon Infanteri-1 Marinir Letkol Mar Argo Setiyono untuk Batalyon Tim Pendarat (BTP), Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir Letkol Mar Rivelson Saragih untuk Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRCPB) dan Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir Letkol Mar Burhanudin untuk Batalyon Keamanan Dalam Negeri (Kamdagri).

Dalam amanatnya,Komandan Brigif-1 Marinir mengatakan,penetapan Batalyon Tim Pendarat (BTP),Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRCPB) dan Batalyon Keamanan Dalam Negeri (Kamdagri) dilaksanakan untuk memberikan tugas kepada masing-masing batalyon dijajaran Brigif-1 Marinir sesuai fungsinya.

Apabila terjadi bencana alam, lanjutnya, maka Batalyon Infanteri-3 Marinir berkewajiban untuk menyiapkan prajuritnya untuk melaksanakan tugas penanggulangan bencana, begitu juga dengan Batalyon Infanteri-1 Marinir bertugas melaksanakan latihan-latihan yang berhubungan dengan fungsi dari Batalyon Tim Pendarat, sedangkan Batalyon Infanteri-5 Marinir bertugas melaksanakan pengamanan dalam negeri sesuai permintaan dari satuan atas.

“Dengan penetapan Batalyon Tim Pendarat (BTP), Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRCPB) dan Batalyon Keamanan Dalam Negeri (Kamdagri) ini, maka akan mempermudah koordinasi dalam pelaksanaan tugas yang diberikan satuan atas kepada Brigif-1 Marinir,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, orang nomor satu di jajaran Brigif-1 Marinir itu mengharapkan kepada seluruh prajurit Brigif-1 Marinir agar melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, sehingga semua tugas yang diberikan satuan atas dapat dilaksanakan dengan baik.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wadan Brigif-1 Marinir Letkol Mar Dede Harsana, Pasintel Letkol Mar M. Amin, S.Pd.,M.A.P, Pasops Letkol Mar Bakti Dasasasi Penanggungan, S.E, Paspers Letkol Mar Yudinanto, Paslog Letkol Mar Yudi Amar dan Perwira dijajaran Brigif-1 Marinir. (ery ns/ Dispenal Mabesal)