Home / Maluku Utara

Senin, 27 Juni 2022 - 13:55 WIB

Aisyiyah Maluku Utara Peringati Milad ke-105 Tahun

Editor - ARSO

TIDORE KEPULAUAN, KANALINDONESIA.COM: Aisyiyah Maluku Utara memperingati Milad ke 105 Tahun 2022 dengan tema “Perempuan Mengusung Peredaban Utama”, kegiatan berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan, Senin (27/6/2022).

Kegiatan Milad dihadiri oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Maluku Utara Ir Haryati Hatari, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, Kepala Dinas Sosial Kota Ternate, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Ny Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, Ketua Dharmawanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan Ny. Nuraen Ismail Dukomalamo, Penasehat Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Ny. Darmawati Syamsuddin, Forkopimda Kota Tidore Kepulauan, Ketua BKMT Provinsi Maluku Utara, para Pimpinan Daerah Muhammadiyah Maluku Utara, Pimpinan Daerah Aisyiyah Maluku Utara, Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah TK, SD, SMP dan SMA se-Maluku Utara.

Sambutan Wali Kota Tidore yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Ismail Dukomalamo mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan mengucapkan selamat Milad ke 105 Tahun, kepada Aisyiyah Maluku Utara dan selamat datang kepada bapak/ibu peserta Milad Aisyiyah dari provinsi dan kabupataen/ kota se-Maluku Utara di Kota Tidore Kepulauan.

Semoga di usia yang ke 105 tahun ini Aisyiyah Maluku Utara semakin terdepan dalam membantu kaum perempuan Maluku Utara, khususnya bidang agama dan pendidikan, karena kami sadari bahwa organisasi Aisyiyah merupakan organisasi besar yang didirikan atas dasar untuk meningkatkan harkat dan derajat perempuan Indonesia.

Baca Juga  Kepala Desa Tidak Usah Takut, Kapolres : Diperas Laporkan !

Ismail Dukomalamo juga menyampaikan terima kasih, karena oganisasi Aisyiyah Maluku Utara tahun ini telah memilih Kota Tidore Kepulauan sebagai tuan rumah, atas rangkaian kegiatan dari penyelenggaraan Milad ke 105 tahun, semoga kedepannya Aisyiyah Maluku Utara dapat bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, dalam meningkatkan kehidupan kaum perempuan, baik di bidang agama, pendidikan, dan sosial, dengan harapan tentunya kami ingin melihat kaum perempuan di Kota Tidore Kepulauan, memiliki tingkat pendidikan yang tinggi disertai dengan ilmu agama yang mumpuni, kami sadari, peran kaum perempuan sangatlah penting dalam kelanjutan generasi-generasi penerus.

Ismail menambahkan bahwa organisasi Aisyiyah mampu menjadi organisasi perempuan yang yang akan memberdayakan kaum perempuan, baik dalam intern irganisasi Aisyiyah, maupun di masyarakat Maluku Utara, karena sudah saatnya kaum perempuan saling menjaga dan saling memperjuangkan hak-haknya.

Sementara, sambutan Ketua BKOW Maluku Utara yang diwakili Penasehat Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Ny. Darmawati Syamsuddin mengatakan, salah satu organisasi wanita dibawah naungan BKOW adalah Aisyiyah, sehingga kehadiran Aisyiyah telah memberikan kontribusi positif dan berperan aktif dalam kurung waktu kurang lebih seabad ini, begitu banyak kegiatan pada bidang dakwa serta berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari aspek ekonomi, sosial, pendidikan, keagamaan hingga aspek politik.

Baca Juga  Polisi Umumkan Penetapan Ferdy Sambo sebagai Tersangka

Sehingga perlu adanya gerakan untuk memperkuat posisi perempuan Aisyiyah dalam berkemajuan, guna mencerdaskan peradaban bangsa dan sebagai gerakan perempuan.

Darmawati Syamsuddin berharap, melalui Milad Aisyiyah ini, para anggota Aisyiyah semakin solid dan program-program yang telah diluncurkan dapat terealisasi dengan baik, selain itu regenerasi organisasi perlu dilakukan guna melahirkan ide maupun gagasan segar.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Maluku Utara Hariyati Hatari mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku Utara menyampaikan selamat Milad Aisyiyah ke 105 tahun, bukan hanya sebagai pengikut usia berdirinya organisasi dan perjalanan, penting Aisyiyah akan tetapi harus dijadikan momentum untuk tetap bersemangat menggerakan seluruh semi kehidupan umat, dengan memanfaatkan amal usaha Aisyiyah, untuk menjadi uswatun hasanah dalam berbagai aspek kehidupan.

Hariyati Hatari menambahkan bahwa sebagai organisasi perempuan di bawah naungan Muhammadiyah, berkeinginan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya dikalangan perempuan untuk menjunjung akhlak dan keadaban mulia, dengan memiliki komitmen keislaman dalam menebar kebaikan adalah ciri khas Aisyiyah.

“Dengan keberadaan Aisyiyah juga dapat menjadi wadah bagi perempuan Maluku Utara, sekaligus menjadi pelopor penggerak kemajuan para perempuan sebagai peradaban utama,” tutupnya. (Iswan_KanalIndonesia.com).

Share :

Baca Juga

Maluku Utara

Perwakilan BPKP Maluku Utara Gelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan

Daerah

Wawali Tikep Berharap PAPPRI Mampu Menjadi Pelindung Kearifan Lokal

Maluku Utara

DPRD Tikep Berharap Ranperda Tentang Sampah dan Pencegahan Narkoba Segera Ditindaklanjuti

Maluku Utara

Pemda Tikep Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

Maluku Utara

Peringati HUT ke 54, BPJS Kesehatan Kota Tikep Gelar Beragam Kegiatan

Maluku Utara

Tarif Speedboat Tujuan Bastiong-Rum saat Malam Naik Harga, Penumpang Minta Pemda Atur Tarif Malam

Daerah

Pemda Tikep Kembali Raih Penghargaan dari BPK RI Perwakilan Maluku Utara

Maluku Utara

Tim TNI Gelar Wasev TMMD ke-113 di Kota Tidore Kepulauan