Home / Peristiwa

Rabu, 30 Maret 2022 - 13:31 WIB

Angin Puting Beliung Mengamuk di Bangka Tengah, Empat Warga Terluka

Editor - ARSO

BANGKA, KANALINDONESIA.COM: Seorang warga mengalami luka berat (LB) dan tiga lainnya luka ringan (LR) akibat terkena reruntuhan bangunan yang ambruk diamuk angin puting beliung di Desa Kebintik, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung pada Selasa (29/3). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Tengah melaporkan fenomena angin puting beliung itu terjadi bersamaan dengan hujan lebat pada Selasa (29/3) pukul 14.30 WIB.

“Korban terkena reruntuhan material bangunan,” ungkap Kepala Seksi Logistik dan Peralatan BPBD Kabupaten Bangka Tengah, Sri Murtopo.

Hasil kaji cepat tim BPBD Kabupaten Bangka Tengah, peristiwa itu berdampak pada kerusakan rumah sebanyak 118 unit yang dihuni 118 KK. Selain itu 1 unit fasilitas ibadah, 1 unit balai kematian umat Tionghoa dan 1 unit pangkalan gas elpiji juga turut terdampak.

Kerusakan itu juga dilaporkan secara visual dari lapangan yang menunjukkan bagian atap rumah warga dan sejumlah pohon tumbang serta porak poranda.

Baca Juga  Kasus Notaris, Ronald: Surat Kuasa Bukan Akta Notariil melainkan Surat Dibawah Tangan

Sebagai upaya percepatan penanganan darurat bencana yang dipicu oleh faktor cuaca tersebut, BPBD Kabupaten Bangka Tengah bersama dengan lintas instansi terkait telah berkoordinasi dan membantu warga membersihkan puing bangunan, pembersihan cabang dan ranting pohon yang tumbang serta upaya lain dalam pemulihan dini.

Tim BPBD Kabupaten Bangka Tengah bersama Satpol PP, Tagana, Tim Pemadam Kebakaran, TNI, Polri dan relawan pada hari ini, Rabu (30/3) telah melakukan apel pagi guna melanjutkan upaya pemulihan dini dan mendirikan tenda untuk pengungsian. Adapun warga pengungsi masih dalam proses pendataan lebih lanjut. Beberapa warga juga ada yang mengungsi di rumah kerabat terdekat.

“Hari ini dilaksanakan apel di lapangan dilanjutkan gotong royong di tempat,” jelas Sri Murtopo.

Baca Juga  Sidik Akui dr. Irma Seliana Ajukan Pembatalan Dengan Kesepakatan Uang Diangsur

“Sementara masih didata berapa pengungsinya, karena sebagian mengungsi di kerabat,” imbunya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan informasi prakiraan cuaca yang menyatakan bahwa hujan masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Tengah hingga Kamis (31/3).

Menyikapi hal itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada seluruh unsur pemangku kebijakan di daerah agar dapat mengantisipasi adanya potensi bencana susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

Upaya seperti pemangkasan cabang, batang dan ranting pohon yang lebat perlu dilakukan secara berkala, khususnya yang berada di dekat rumah warga maupun dalam jalur kabel listrik maupun jaringan telekomunikasi. Apabila terjadi hujan yang disertai angin, maka diimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di bawah pohon, baliho maupun tiang listrik.

Share :

Baca Juga

Birokrasi

BPJS Kesehatan Bantah Keruk Untung dari Syarat Wajib Layanan Publik
Serbuan vaksinasi bagi anak usia 6- 11 tahun

Peristiwa

Perangi Covid- 19, Lanud Silas Papare Gelar Vaksinasi Untuk Anak Berusia 6 -11 Tahun
Vaksinasii bagi Siswa Sekolah Dasar usia 6 sampai 11 tahun

Peristiwa

Tetap Semangat, TNI AL Seskoal Berikan Vaksinasi Untuk Anak Sekolah Dasar Berusia 6-11 tahun

Ekbis

SiCepat Ekspres dan TBI Kampanyekan Program Jelajah Buku Nusantara
Danrem 174 Merauke tinjau pelaksanaan vaksin hari ke dua

Peristiwa

Danrem 174 Merauke Terus Berinovasi Agar Masyarakat Mencari Vaksin Bukan Vaksin Mencari Masyarakat

Birokrasi

Pembunuh Member Fitnes Araya Club Diadili, Jaksa Jerat Pasal Pembunuhan Berencana

Birokrasi

Kejari Tanjung Perak Eksekusi Terpidana Kasus Tipu Gelap Jual Beli Kayu

Birokrasi

Jelang Hari Kebangkitan Nasional, Rektor Unitomo Beserta jajaran Ziarah ke Makam Pahlawan dr. Soetomo Bubutan Surabaya