Home / Pendidikan

Rabu, 6 April 2022 - 20:44 WIB

Apresiasi bagi Penyelenggara SAKIP dan Kinerja Anggaran Pemerintah Terbaik 2021 di Ditjen GTK

Editor - ARSO

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan penghargaan atas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Kinerja Anggaran Pemerintah Tahun 2021 kepada Satker dan UPT di lingkungan Ditjen GTK.

“Penghargaan tersebut diberikan atas capaian unit kerja dan satuan kerja/Unit Pelaksana Teknis (UPT) dalam merealisasikan tata kelola pemerintahan yang semakin akuntabel,” jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK), Nunuk Suryani, Rabu (5/4) di Hotel Millenium Jakarta.

Dalam penjelasannya Nunuk Suryani menyampaikan bahwa penilaian kinerja terbaik dalam penyelenggaraan SAKIP didasarkan pada hasil penilaian lima komponen evaluasi atas implementasi SAKIP yang terdiri atas perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja, dan capaian kinerja. Sedangkan, penilaian kinerja terbaik dalam pengelolaan anggaran didasarkan pada hasil penilaian indikator kinerja pelaksanaan anggaran yang mencakup kesesuaian perencanaan dan penganggaran, efektivitas pelaksanaan kegiatan, efisiensi pelaksanaan anggaran, serta kepatuhan terhadap regulasi.

Untuk penyelenggaraan SAKIP terbaik kategori satuan kerja pusat dan UPT di lingkungan Ditjen GTK peringkat pertama diraih oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak P4TK TK dan Pendidikan Luar Biasa (PLB) dengan nilai 87,37 (predikat A).  Peringkat kedua ditempati Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) dengan nilai 87,14 (predikat A). Sedangan peringkat ketiga ditempati oleh Sekretariat Ditjen GTK dengan nilai 83,99 (predikat A).

Baca Juga  Pato Sayyaf Mahasiswa Termuda di Undip TA 2022 Ingin Menjadi Ahli Tehnologi dan Ahli Qur'an

Berikutnya, untuk Penghargaan Nilai Kinerja Anggaran Terbaik tahun Anggaran 2021, posisi pertama adalah P4TK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (Penjas BK) dengan nilai 93,99 (predikat sangat baik). Peringkat kedua P4TK Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PKn IPS) dengan nilai 93,34 (predikat sangat baik). Peringkat ketiga ditempati oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LP2KSPS) dengan nilai 93,24 (predikat sangat baik).

Pada tingkat kementerian, Kemendikbudristek berhasil meraih peringkat kelima di tingkat kementerian/lembaga (K/L) terbaik implementasi SAKIP tahun 2021 dengan nilai 94,96 (predikat sangat baik). Sementara itu, pada penilaian kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2021 untuk kategori K/L besar, Kemendikbudristek mencatatkan nilai 82,25, di bawah Kementerian Pertahanan yang meraih nilai 94,59 pada posisi pertama, dan Kepolisian Republik Indonesia dengan nilai 91,67 pada posisi kedua.

Baca Juga  Keren! Siswa SMA GIKI 1 Surabaya Pilih Ketua dan Wakil OSIS Periode 2022-2023 di TPS

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Dalam rangka mendorong peningkatan akuntabilitas kinerja dan anggaran, Ditjen GTK melakukan evaluasi implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan kinerja anggaran terhadap satuan kerja dan unit pelaksana teknis (UPT). Menindaklanjuti hasil evaluasi dan melaksanakan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah, Ditjen GTK memberikan penghargaan kepada satuan kerja, dan unit pelaksana teknis di lingkup kerjanya yang telah memberikan kinerja terbaik dalam penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan kinerja anggaran tahun 2021.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Kembangkan Pertanian Pemkab Kediri Gandeng UGM

Birokrasi

Wagub Emil Dardak Minta Pemprov Jatim Tekan Kasus Ekstremisme Berbasis SARA di Lingkungan Sekolah

Birokrasi

Fakultas Sastra Unitomo dan Siswa KIBI Gelar Cross Cultural Understanding

Health

Pemberlakuan PTM di Sekolah Harus Memprioritaskan Keselamatan Siswa

Birokrasi

Wisuda Transformasi Digelar Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya Secara Daring

Birokrasi

Rektor UK Petra Surabaya Resmikan Ruang VTB dan Podcast

Nasional

Ini Cerita Remaja Bogor dan Gorontalo Menjadi Paskibraka Nasional 2021

Featured

KKN Pulang Kampung Mahasiswa UM di Desa Cengkok Nganjuk, Awal Bentuk Pengabdian Masyarakat