Home / Travel

Jumat, 22 April 2022 - 13:02 WIB

Aturan Terbaru Naik KA Mulai 20 April 2022

Editor - ARSO

MADIUN, KANALINDONESIA.COM: Vice Prsident Daop 7 Madiun, Hendra Wahyono menjelaskan bahwa mulai 20 April 2022, pelanggan KA Jarak Jauh berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen, namun wajib sudah divaksinasi dosis kedua.

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Perubahan atas SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 19 April 2022.

Sedangkan untuk anak usia 6-17 tahun yang baru divaksin dosis pertama, tetap diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam. Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh terbaru:

a) Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19
b) Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam
c) Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam
d) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam
e) Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.
f) Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Dengan penetapan persyaratan ini, Hendra menghimbau kepada calon pelanggan untuk dapat segera melakukan vaksinasi agar perjalanan mudik kali ini aman dan sehat.

Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat naik KA di masa pandemi Covid-19, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

“Dengan segala kesiapan yang telah dilakukan Daop 7 Madiun, diharapkan dapat memberikan pelayanan prima bagi pelanggan KA dan terwujudnya angkutan Lebaran 2022 yang sehat, selamat, dan senang, ” tutup Hendra.

Share :

Baca Juga

Jatim

Nataru 2021/22, Volume Penumpang KA di Daop 7 Madiun Meningkat 155 %

Jatim

Tingkatkan Pelayanan, KAI Tebar Takjil Gratis bagi Pelanggan

Demokrasi

Inovasi ” PETIS ” Polres Pamekasan, Permudah Masyarakat Untuk Mendapatkan SIM

Jatim

Mulai 3 November 2021, Naik KA Jarak Jauh Cukup Menggunakan Antigen

Lifetrend

Pesona Senandung Danau Toba Gairahkan Minat Wisatawan Kunjungi Destinasi Pariwisata di Sumut 

Jatim

Libur Idul Adha 1442 H, KA Jarak Jauh hanya untuk Perjalanan Esensial, Kritikal, dan Mendesak

Travel

Penerapan Prokes Perjalanan Dalam Negeri Disesuaikan, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran untuk Transportasi Udara

Jatim

Waspada, Ada Perbaikan Perlintasan di JPL No 129 Jalan Raya Tulungrejo dan JPL No 136 JL Basuki Rahmat