Home / Keuangan / Nasional / News

Minggu, 1 Mei 2022 - 06:10 WIB

BAZNAS Bagikan Beras Zakat Fitrah ke Masyarakat Miskin di Pelosok Negeri

Editor - rudi

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Masyarakat miskin di wilayah pedalaman dan pesisir bisa tersenyum. Pasalnya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan beras zakat fitrah ke seluruh pelosok negeri, seperti ke Kalimantan Tengah dan Maluku Utara.

Ini sejalan dengan tujuan BAZNAS RI bersama jajaran dibawahnya baik provinsi dan kabupaten/kota yang menyalurkan beras zakat fitrah ke 34 provinsi seluruh Indonesia agar manfaatnya dapat dirasakan seluruh pelosok negeri.

“Alhamdulillah beras zakat fitrah yang disalurkan BAZNAS telah sampai kepada saudara-saudara kita di wilayah pedalaman daerah Kecamatan Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Sebanyak 1.500 kantung beras telah dibagikan kepada masyarakat miskin ke beberapa wilayah pedalaman dan pesisir Sungai Kahayang,” kata Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, di Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga  Humas Kwarnas Pramuka Meninggal Dunia, Ini Respon Komjen Pol (Purn) Budi Waseso

Saidah mengungkapkan, bukan hal mudah dalam mendistribusikan zakat fitrah ke sana, karena wilayahnya yang terpencil dan pedalaman sehingga sulit diakses melalui jalur darat.

“Dengan menggunakan perahu, Tim kami menyusuri sungai untuk menyalurkan zakat fitrah bagi masyarakat miskin. Alhamdulillah kebaikan telah sampai kepada orang yang membutuhkan,” ungkap Saidah.

Ia menjelaskan, penyaluran beras zakat fitrah juga sampai ke masyarakat miskin di Maluku Utara, pada Kamis (28/4/2022) lalu. Sama halnya dengan di Kecamatan Pahandut, Kalimantan Tengah, penyaluran di Ternate, Kalimantan Tengah, juga harus menggunakan alat transportasi air karena tak bisa dilalui lewat jalur darat.

“Zakat Fitrah sebanyak 4.800 paket beras didistribusikan untuk masyarakat miskin dengan ekonomi rentan. Salah satunya di kecamatan terluar dari Kota Ternate, yaitu Kecamatan Pulau Hiri, yang harus diakses dengan menggunakan speed boat dari Kota Ternate,” kata Saidah.

Baca Juga  Kasus Notaris, Ronald: Surat Kuasa Bukan Akta Notariil melainkan Surat Dibawah Tangan

Dalam pendistribusian beras zakat fitrah, lanjut Saidah, pihaknya memberdayakan petani lokal untuk menyediakan beras dengan kualitas premium. Melalui pendampingan teknis dan dukungan sarana prasarana para petani lokal bisa merasakan adanya peningkatan finansial secara signifikan.

Kualitas beras yang disalurkan adalah beras “Premium” dengan spesifikasi singkat bersih dari benda asing, bersih dari gabah, kadar air maksimal 14%, beras patah dan pecah maksimal 10%.

“Alhamdulillah, kami terus menggulirkan program pendistribusian zakat fitrah ke 34 provinsi di Indonesia. Semoga amanah zakat fitrah yang telah disalurkan ini dapat memberikan manfaat yang begitu luas bagi masyarakat pelosok yang layak mendapatkannya,” pungkas Saidah. @Rudi

Share :

Baca Juga

Nasional

Saya Lari Gemetar, Presiden di Rumah Saya

Nasional

ASPPUK dan Halo Lawyer Dukung Penguatan Akses dan Literasi Digital Bagi Perempuan Pelaku UMKM

Nasional

Optimalkan Peran Posko PPKM, BNPB Berikan Bantuan Masker dan Handsanitizer di Kecamatan Matraman
Dua terdakwa saat jalani sidang tuntutan di PN Surabaya, (foto: Ady_Kicom)

Birokrasi

Dua Pengedar Sabu 43 Kilogram Dituntut Jaksa Hukuman Mati

Birokrasi

Sidang Praperadilan JE, Empat Orang Saksi Nyatakan Pencabulan Tidak Terjadi di Sekolah SPI Batu

Ekbis

SiCepat Ekspres Berikan Bantuan Pendidikan Kepada Anak Almarhum Pelawak Sapri Pantun

Nasional

Presiden Jokowi Apresiasi Upaya KY Bangun Transparansi kepada Masyarakat

Birokrasi

Polda Jatim Ungkap Kasus Peredaran Narkoba Jaringan Internasional, 4 Pengedar Diamankan