Home / Jabar

Minggu, 27 Maret 2022 - 15:06 WIB

Cara SPKA Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H di Daop 3 Cirebon

Editor - fredy

CIREBON, KANALINDONESIA.COM – Sebagai wujud rasa syukur menyambut Bulan Ramadhan Tahun 1443H, PT KAI Daop 3 Cirebon bersama Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) dan Komunitas Pecinta KA “Edan Sepur – Cirebon”, menyelenggarakan berbagai kegiatan seputar perkeretaapian, diantaranya Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan Jalan Kartini Kota Cirebon dan acara cuci Lokomotif di Dipo Lok Cirebon.

Hadir pada acara kegiatan ini, Ketua DPP SPKA – Edi Suryanto, Ketua DPD 3 Cirebon – Supriyanto, Devuty Vice President PT KAI Daop 3 Cn – Muhamad Abrar, 20 Anggota SPKA dan 15 anggota komunitas pecinta KA.

“Sebagai wujud rasa syukur dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun ini, serta sebagai sarana untuk kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya budaya disiplin berlalu lintas terutama akan melintas di perlintasan, hari ini, jajaran SPKA bersama jajaran management KAI Daop 3 Cirebon serta komunitas pecinta KA, menyelenggarakan aksi simpatik di perlintasan Jalan Kartini – Cirebon. Semoga dengan kegiatan simpatik tersebut, dapat menggugah masyarakat agar selalu mematuhi rambu lalu lintas ketika melintas di perlintasan sebidang, ” ujar Edi Suryanto, Ketua Umum SPKA disela acara.

Dalam kegiatan sosialisasi keselamatan di perlintasan tersebut diisi dengan orasi seputar aturan perkeretaapian, serta pembagian souvenir sebanyak 500 pcs, berupa boneka, stiker dan masker kepada para pengguna jalan raya yang melintas di Jalan Kartini.

Tercatat di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon telah terjadi kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang pada tahun 2018 sebanyak 35 kejadian, Tahun 2019 sebanyak 22 kejadian, Tahun 2020 sebanyak 9 kejadian dan Tahun
2021 sebanyak 8 kejadian.

Setelah acara di perlintasan, para peserta kegiatan melanjutkan dengan acara cuci lokomotif di Dipo Lokomotif Cirebon. Secara antusias, para pecinta KA bersama para anggota SPKA melaksanakan kegiatan cuci Lokomotif CC 201 83 31 yang bermotifkan Livery Vintage yang menjadi ikon lokomotif versi jadul / heritage. Motif Livery Vintage sempat menghiasi motif lokomotif oleh KAI selama 38 tahun (1953 – 1991). Motif ini kembali diluncurkan pada lokomotif jenis CC 201 83 31 pada tanggal 28 Februari 2021.

“Sebagai penutup rangkaian acara semarak menyambut Bulan Ramadhan 1443H ini, diadakan acara santunan kepada anak yatim dan doa bersama, agar pada Bulan Ramadhan tahun ini, agar Bangsa Indonesia bisa segera mengatasi persoalan pandemi Covid -19, dan transportasi perkeretaapian selalu dilimpahkan dengan keselamatan serta kelancaran selalu. Marhaban Yaa Ramadhan 1443 H. Semoga kita selalu mendapatkan keberkahan yang berlimpah selalu. Amiin,” tutup Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon. ()

Share :

Baca Juga

Jabar

Antisipasi Kriminalitas Polsek Kapetakan Polres Cirebon Kota Gelar KRYD

Jabar

Upaya Polsek Indramayu Jaga Obvit dari Gangguan Kamtibmas

Jabar

Patroli Strong Point Polsek Indramayu untuk Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif

Jabar

Polsek Cantigi Sambangi Warga di Desa Tangguh Sampaikan Imbauan Kepatuhan Prokes

Jabar

Personel Polsek Indramayu Bagi Sembako Gratis

Jabar

Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pasca Pilwu Serentak, Polsek Gabuswetan Gelar Patroli Sambang

Jabar

Masa PPKM, Polsek Indramayu Tingkatkan Patroli Strong Point

Jabar

Ini Lokasi Patroli Strong Point Personel Polsek Indramayu