Home / Militer

Kamis, 12 Mei 2022 - 17:35 WIB

Danlantamal III Jakarta Ikuti Rakor Dan Rakernis Potmar Tahun 2022

Editor - WINARKO

Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI Umar Farouq

Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI Umar Farouq

BALI, KANALINDONESIA.COM : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Potensi Maritim (Potmar) tahun 2022 yang diikuti Komandan Pangkalan Utama TNI AL III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., C.H.R.M.P., M.Tr. Opsla., M.Han di Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) 2, Pengambengan, Jembrana Regency, Bali, baru baru ini.

Rakor dan Rakernis Potmar TNI Angkatan Laut yang digelar selama dua hari sejak 11 Mei 2022 kali ini mengangkat tema “Insan Potmar yang Profesional dan Tangguh Siap Mendukung Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural”.

Menurut Kasal, bahwa TNI Angkatan Laut adalah bagian dari sistem pertahanan negara yang bersifat semesta dengan jati dirinya sebagai tentara rakyat. Oleh karena itu, harus mampu menyatu dan manunggal dengan segenap komponen bangsa, khususnya yang berkorelasi langsung dengan aspek kemaritiman serta pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Laut yang tercantum dalam Undang-Undang TNI untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Baca Juga  Kasau Hadiri Temu Kangen Keluarga Besar Paguyuban Thunder

“Program-program Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) berskala nasional dan menjadi ikon keberhasilan tugas Pengendalian Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) adalah aksi nyata melalui kolaborasi dengan semua pihak untuk pemberdayaan menuju masyarakat pesisir dan kepulauan yang sejahtera, sehingga disinilah kehebatan TNI Angkatan Laut membangun kejayaan Nusantara dari pesisir,”jelas Kasal.

Program kegiatan Dawilhanla dan Binpotmar di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut sebagai solusi nyata bagi permasalahan masyarakat, khususnya pemulihan ekonomi pasca-pandemi, kelestarian lingkungan laut serta penguatan masyarakat pesisir dan kepulauan dalam program jangka panjang yang berkelanjutan dan bukan seremonial belaka.

Baca Juga  Danpusdikpal Kodiklatad Terima Kunjungan Danmentar Akmil

Danlantamal III Jakarta mengatakan, dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional, saat ini Lantamal III memiliki beberapa program yang telah dilaksanakan dan akan terus dikembangkan yaitu dengan membangun Kampung Bahari Nusantara.

“Kegiatannya meliputi peningkatan pendidikan masyarakat pesisir, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat nelayan, peningkatan ekonomi masyarakat pesisir, dijadikannya wilayah pesisir sebagai destinasi wisata yang menarik sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan pemerintah daerahnya serta memperkuat ketahanan wilayah dengan membangun sejak dini rasa cinta tanah air dan bangsa  Iandonesia,”tutur Danlantamal III [email protected]

Share :

Baca Juga

Militer

Semangat Perdamaian di Papua, Satgas Binmas Noken Garap Lahan Sawah Sukseskan Program Kasuari di Yahukimo
Kasad Video Conference Dengan Kasad Australia

Militer

Kasad Video Conference Dengan Kasad Australia Bahas Kemajuan Kerja Sama Bilateral di Kedua Angkatan Darat

Militer

Danrem 174 Merauke Pimpin Upacara Penerimaan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 600/Modang

Militer

Danrem 174 / Merauke Dampingi Pangkogabwilhan III Kunjungi Perbatasan RI-PNG 
Latihan Taktis Tingkat Peleton

Militer

Tingkatkan Kemampuan Taktik Tempur, Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Latihan Taktis Tingkat Peleton
Kasau serahkan secara simbolis kepada Pangkoopsau I kendaraan dinas ambulan

Militer

Tingkatkan Layanan Rumah Sakit, Kasau Serahkan Kendaraan Dinas Ambulan Untuk Kodiklatau dan Koopsau I

Birokrasi

Siswa Dikmapa TNI AL Angkatan XXVIII Khusus Tenaga Kesehatan Kodiklatal Ikuti Pelatihan General Emergency Life Suport dan Basic Life Suport
Pangdam IX Udayana pimpin Sertijab

Militer

Tingkatkan Produktivitas Organisasi, 7 Jabatan Kodam IX/ Udayana Diserahterimakan