Home / Jatim

Kamis, 21 April 2022 - 04:28 WIB

Dialog Bersama Nelayan, Presiden Jokowi Serap Tiga Aspirasi Nelayan

Editor - ARSO

GRESIK, KANALINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo mengunjungi Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu, 20 April 2022. Presiden datang untuk melihat langsung aktivitas dan hasil tangkapan para nelayan, sekaligus berdialog untuk mendengarkan aspirasi para perwakilan kelompok nelayan tersebut.

“Tadi yang pertama saya menemui para nelayan untuk melihat lebih detail mengenai hasil hariannya berapa, kemudian ada kesulitan-kesulitan apa, sama di sini kesulitan dalam mendapatkan solar. Meskipun ada, tetapi memang agak sulit, sehingga tadi sudah diselesaikan oleh Pak Menteri Erick, Pak Menteri KKP untuk dibuatkan SPBU kecil khusus untuk para nelayan yang dimiliki nanti, Pak Bupati tadi sampaikan, BUMD,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

Baca Juga  Sinergitas TNI - Polri Membantu Warga Korban Hujan Deras dan Puting Beliung di Bangkalan Mendapat Apresiasi Masyarakat

Selain itu, para nelayan juga menyampaikan soal pendangkalan di wilayah mereka. Untuk itu, Presiden akan memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera menyelesaikannya.

Selanjutnya, para nelayan menyampaikan aspirasi terkait sertifikat tanah yang dimiliki oleh nelayan yang berada di kampung sekitar pantai. Menurut Presiden, yang menjadi persoalan adalah karena tanah yang dimiliki para nelayan adalah tanah oloran yang tidak bisa disertifikatkan.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Jokowi langsung menelepon Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

Baca Juga  DPRD Magetan Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI

“Tadi saya telepon langsung ke Menteri BPN, bisa, ini akan kita selesaikan. Itu saja tadi yang disampaikan dan kita selesaikan,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengunjungi Kampung Nelayan Bulak di Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Selain meninjau aktivitas para nelayan, Presiden Jokowi juga berdialog bersama anggota forum nelayan setempat.

Turut mendampingi Presiden saat meninjau Kampung Nelayan Bulak yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Share :

Baca Juga

Jatim

Berikut 12 Nama Pewarta Foto Indonesia yang Ikut UKPFI Surabaya

Jatim

Final, 351 Peserta Ikuti Tes CASN Pemkab Magetan

Jatim

YouTuber Santri Disarankan Jangan Fokus Monetisasi dan Marketing Digital
Secara simbolis Bupati Sidoarjo bersama Rektor menyematkan Rompi KKN Tematik ke mahasiswa, (foto: Humas Unitomo)

Birokrasi

Mahasiswa Unitomo Gelar KKN Tematik di Tujuh Kecamatan Sidoarjo, Harapan Rektor Begini
I Gede Pasek Suardika, tim kuasa MSAT saat diwawancara awak media seusai sidang di PN Surabaya, (foto: Ady_Kicom)

Birokrasi

Pengacara MSAT Protes, Pasek Ajukan Keberatan Kepada Hakim

Jatim

Jelang Pilkades Serentak di Sidoarjo, Kapolres Gelar Cangkrukan Kamtibnas di Wonoayu

Jatim

Piramida Ngobar Bersama Insan Pers Gresik, Kapolres: Prinsipnya Harus Selalu Bersyukur

Birokrasi

3 Pengedar Sabu Ditangkap Polisi, Salah Satunya di Lobby Hotel Kawasan Kedungsari Surabaya