Menu

Mode Gelap
Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line Kepergok Selingkuh, Ribut Winarko Cekik dan Tusuk Istri 8 Kali Tukang Las Asal Sidoarjo Dituntut Jaksa Hukuman Mati Sidang Mafia BBM Laut, Jaksa Cecar Direksi PT Bahana Line Soal Keluar Masuk Uang Perusahaan Jaksa Tuntut Mantan Panpel Arema FC Abdul Haris 6 Tahun 8 Bulan Kasus Tragedi Kanjuruhan Malang

Kanal Ekbis · 28 Des 2022 18:32 WIB

Dinakeswan NTB Adakan Kontes Ternak, Cari Bibit Unggul Sapi


 Dinakeswan NTB Adakan Kontes Ternak, Cari Bibit Unggul Sapi Perbesar

MATARAM, KANALINDONESIA.COM – Guna memotivasi para peternak yang sempat terpuruk karena badai pandemi Covid-19, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dinakeswan NTB) menggelar kontes ternak sapi, pada 28-29 Desember 2022.

Kontes ternak sapi ini dilakukan juga dalam rangka peluncuran Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Banyumulek, dimana RPH tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemprov NTB dengan PT Atra Bagawan Nusantara.

“Acara kontes ternak sapi ini merupakan rangkaian dari pemotongan sapi perdana sekaligus launching RPH Banyumulek. Kegiatan ini juga dalam rangka menindaklanjuti hasil Mou antara Pemprov NTB dan PT Atra Bagawan Nusantara,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, Khaerul Akbar, Rabu (28/12/2022).

Menurut Khaerul, PT Atra Begawan Nusantara telah sepakat bekerja dengan Pemprov NTB dalam mengembangkan RPH Banyumulek, yang mana selama beberapa tahun terakhir belum bisa dikelola maksimal.

“Jadi PT Atra Begawan Nusantara ini menyewa RPH Banyumulek ini selama 5 tahun, senilai kurang lebih Rp 500 juta. Untuk merehab beberapa gedung, kemudian peralatannya diganti. Sebab akan memotong sapi sekitar 20 ekor perhari,” paparnya.

Sementara Ketua Panitia Kontes Ternak Muhammad Nur mengatakan bahwa penyelenggaraan kontes ternak ini dibagi dalam dua kategori, yakni kategori ternak eksotik dan ketegori ternak lokal.

“Setiap kategori, terdiri dari 3 kelas yang di perlombaan, ada kelas ekstrim, bakalan dan calon indukan,” ujarnya.

“Untuk hadiah disediakan oleh PT Atra Begawan Nusantara berupa piala bergilir dan juga sejumlah uang pembinaan. Demikian pula dari Bank NTB Syariah juga akan memberikan hadiah berupa uang pembinaan,” imbuh Muhammad Nur.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan kontes tersebut, maka diharapkan dapat memotivasi para petani dan peternak di Provinsi NTB supaya dapat meningkatkan produksi ternak sapi dengan tetap memperhatikan kualitas terbaik.

“Jadi kegiatan ini dilakukan dalam rangka memotivasi para petani dan peternak untuk lebih meningkatkan populasi ternak maupun kualitas ternak,” kata Muhammad Nur.

Selain kontes ternak, untuk memeriahkan peluncuran RPH Banyumulek, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB juga melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya vaksinasi rabies, bakti sosial hingga pameran sapi jumbo.(dan_kanalindonesia.com)

Artikel ini telah dibaca 77 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Mengenal Iman Suryo Wibowo, Enterpreneurship dari Kota Bima yang Punya Banyak Perusahaan

6 Februari 2023 - 14:31 WIB

5 Alasan Wajib Staycation di Vasa Hotel Surabaya!

3 Februari 2023 - 08:01 WIB

Anggota DPR RI Rachmat Hidayat Bantu Kursi Roda Elektrik untuk Pensiunan ASN di Lombok Timur

30 Januari 2023 - 11:28 WIB

Kasus ITE Hotel Bidari, Hakim PN Mataram Vonis Bebas IMS

27 Januari 2023 - 05:24 WIB

MG Terus Gempur Segmen SUV, Luncurkan New MG HS, Mobil Paling Pintar dan Canggih di Kelasnya

26 Januari 2023 - 06:34 WIB

Tren Bisnis 2023, F&B Masih Mendominasi, Pastikan Inovatif dan Relevan dengan Pasar

25 Januari 2023 - 15:57 WIB

Trending di Kanal Bisnis