Home / Nasional

Senin, 5 Juli 2021 - 16:26 WIB

Dukung Produksi Industri Oksigen, PLN Jaga Listrik Andal dan Stabil

Editor - ARSO

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: PT PLN (Persero) mendukung penuh aktivitas produksi industri oksigen dengan memastikan keandalan listrik di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, PLN mengerahkan seluruh kemampuan demi memastikan keandalan listrik untuk melayani pelanggan, termasuk industri oksigen yang saat pandemi ini sangat dibutuhkan masyarakat.

Salah satu pelanggan adalah PT Iwatani Gas Industri. Produsen oksigen ini, merupakan pelanggan PLN dengan daya 4.330 kVA.

“Apalagi dalam keadaan situasi Covid-19 yang terjadi saat ini, dan lebih utama kita memastikan pasokan oksigen [untuk medis] yang dibutuhkan masyarakat bisa disalurkan sebaik-baiknya,” katanya, Senin (5/7/2021).

Untuk memastikan keandalan pasokan listrik untuk industri oksigen di Karawang, PLN menyiagakan sebanyak 8 personel untuk secara rutin berpatroli selama masa PPKM darurat berlangsung.

Guna memastikan kolaborasi PLN dan pelanggan berjalan baik, jajaran direksi yang dipimpin Wakil Direktur Utama Darmawan Prasodjo, dan Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PLN, Haryanto WS melakukan kunjungan ke PT Iwatani Gas Industri, Senin (5/7/2021).

Baca Juga  Presiden Jokowi Apresiasi MPR Telah Mengkaji Substansi dan Bentuk Hukum PPHN

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda, PLN berkomitmen menjadi solusi.

“PT Iwatani Gas Industri adalah objek vital bagi kami, karena kebutuhan oksigen mendesak, karena rumah sakit membutuhkannya. Untuk itu, semua jalur listrik menuju Iwatani harus diamankan. Itu komitmen jangka pendek untuk menjaga keandalan pasokan ke PT Iwatani Gas Industri,” ungkapnya.

Merespons kunjungan PLN, Uranishi Daisuke, Plant Manager PT. Iwatani Industrial Gas Indonesia, berterima kasih pasokan listrik PLN yang mendukung produktivitas produksi oksigen.

“Kami berterima kasih atas pasokan listrik PLN. Kami berharap terus mendapatkan pasokan suplai yang stabil dan andal. Karena di masa pandemi ini, kami dituntut pemerintah mendukung pasokan oksigen ke rumah sakit,” katanya.

Baca Juga  Presiden Jokowi: Indonesia Mampu Hadapi Pandemi dan Krisis Global

Saat ini, PT Iwatani Gas Industri telah mengalokasikan produksi oksigen untuk kebutuhan rumah sakit.

Selain menjaga keandalan pasokan untuk PT Iwatani Gas Industri, PLN juga menjaga pasokan listrik untuk industri oksigen yang tersebar di 28 lokasi di Jawa Madura dan Bali.

Khusus di Jawa Barat, PLN menyediakan piket personel khusus untuk menjaga keandalan listrik di lokasi industri oksigen sebanyak 4.137 personel. Sebagai informasi, populasi pabrik produksi oksigen di Jawa Barat tercatat ada 9 lokasi.

PLN juga menyiagakan 700 unit kendaraan bermotor dan 789 unit peralatan pendukung seperti Genset, Uninterruptible Power Supply (UPS), dan Unit Gardu Bergerak (UGB).

PLN memastikan daya listrik di Jawa, Madura dan Bali dalam kondisi aman.  Saat ini, sistem kelistrikan Jawa – Bali memiliki daya mampu mencapai 37.400 megawatt (MW) dengan beban puncak sekitar 27.335 MW, terdapat cadangan daya sekitar 10.065 MW.

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Ketua DPR Berharap Kepala Otorita IKN Nusantara Harus Dipercaya Publik

Birokrasi

Kapolda Tinjau Penyekatan Bundaran Waru: Utamakan Keselamatan Masyarakat

Nasional

Bertemu Presiden Jokowi, Presiden IsDB Dukung Presidensi G20 Indonesia

Nasional

Kapolri Instruksikan Jajarannya Percepat Distribusi Bansos PPKM Darurat ke Warga

Nasional

Aturan Karantina Dihapus, Ketua Satgas Minta Batam dan Bintan Tetap Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Birokrasi

Jika Belum Vaksin Booster, Bandara Juanda Wajibkan Calon Penumpang Test Antigen dan PCR

Nasional

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Resmi Pertama PM Ismail Sabri di Istana Bogor

Birokrasi

Menang Kategori Tarung Derajat Ajang PON XX Papua 2021, Mahasiswa Untag Surabaya Tambah Satu Medali Untuk Jatim