Menu

Mode Gelap
Bersama Pemkab Ponorogo, UMPO Launching Aplikasi Digital-Media Reka Creative Desa Gagal Pengereman, Hasil Penyelidikan Laka Bus Wisata di Magetan Grup Band Slank Bakal Ramaikan Kota Tidore 3 Terdakwa Kasus Ambruknya Seluncur Kenpark Diadili di PN Surabaya Operasi Skala Besar Gengster, Jajaran Polrestabes Surabaya Amankan 26 Orang Pemuda

Kanal Health · 10 Nov 2022 19:56 WIB

Dukungan Tenaga Medis di Bali Menjamin Kesehatan Delegasi KTT G20  


					Dukungan Tenaga Medis di Bali Menjamin Kesehatan Delegasi KTT G20   Perbesar

DENPASAR, KANALINDONESIA.COM: Tenaga medis Provinsi Bali, akan siaga bersama menjaga kesehatan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, pada 15-16 November 2022. Mereka terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, dan perawat, tercatat sebanyak 408 orang.
 
Sebelum bertugas untuk tim kesehatan G20, mereka mendapat pelatihan, termasuk menggelar simulasi kedaruratan. Para tenaga medis tersebut bersiaga penuh, seperti di titik-titik lokasi pertemuan sesuai agenda konferensi, sejumlah rumah sakit rujukan, klinik rujukan, serta beberapa hotel tempat menginap delegasi. 
 
“Kami memilih tenaga medis terbaik untuk disiagakan penuh selama berlangsungnya KTT G20 di Bali ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom, saat di temui Tim Komunikasi dan Media G20, Kamis (10/11/2022).
 
Fasilitas pelayanan kesehatan KTT G20 yang akan disiapkan, katanya, adalah empat unit ruang mini intensive care unit (ICU), 23 klinik, dan 13 tim medis mobile. Dokter yang diutamakan setiap tim khususnya untuk tamu VVIP dan VIP, di antaranya dokter jantung, dokter anestesi, dan dokter umum. 
 
Selanjutnya, tujuh rumah sakit menjadi rujukan delegasi KTT. Rumah sakit tersebut adalah rumah sakit umum pusat (RSUP) IGN Ngurah, rumah sakit umum daerah (RSUD) Bali Mandara, rumah sakit umum (RSU) Universitas Udayana, Siloam, BIMC Nusa Dua, Bhayangkara, dan RS tingkat II Udayana.
 
Seluruh rumah sakit, klinik, mini ICU, serta tim medis mobile terhubung dengan command centre, pusat komunikasi yang berada di kompleks ITDC Nusa Dua. Semua aktivitas komunikasi dan pelayanan kesehatan terpantau.
 
Ia juga menjelaskan total tempat tidur yang disiapkan sebanyak 1.350 unit, di seluruh rumah sakit rujukan G20. Jumlah tempat tidur ini sudah termasuk menyiapkan bagi tamu/delegasi yang memerlukan perawatan khusus di ruang intensive care unit (ICU) serta di ruangan isolasi terpapar Covid-19.
 
Sementara rumah sakit umum Siloam dan Surya Husada, di Nusa Dua, menyatakan siap memberikan pelayanan kesehatan terbaik. CEO Siloam Bali dr. Meike dan Manajer Medis Surya Husada dr Panca, di tempat terpisah ketika ditemui Tim Komunikasi dan Media G20, menyatakan bangga masuk daftar rumah sakit rujukan G20. “Kami menyiapkan tim medis terbaik untuk para tamu KTT G20,” kata Panca. 
 
Sementara kapal perang RI (KRI) dr Wahidin Sudirohusodo juga telah siaga di perairan sekitar Nusa Dua. Kapal ini merupakan bantu rumah sakit yang masuk dalam jajaran satuan kapal TNI. Rumah sakit mengapung ini mendukung penuh untuk kedaruratan khusus tamu serta delegasi VVIP dan VIP G20. 
 
Pihaknya terus berkoordinasi persiapan serta melakukan simulasi bersama. Simulasi yang ditujukan ketika terdapat situasi kedaruratan jalur evakuasinya sesuai prosedur yang disiapkan.
 

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

UIN Sunan Gunung Djati Kеmbаlі Tеrіmа Piagam Penghargaan Murі

8 Desember 2022 - 23:37 WIB

Pemerintah Targetkan Stunting Turun Hingga 14 Persen pada Tahun 2024

8 Desember 2022 - 23:31 WIB

Menhan RI Bersama Wakasad Kunjungi Posko Bantuan Bencana Kopassus di Cianjur

7 Desember 2022 - 21:42 WIB

Kunjungan Menhan ke Posko bantuan bencana

Magnetic Resonance Imaging (MRI) Lutut untuk Evaluasi Ligamen ACL dan PCL

7 Desember 2022 - 13:37 WIB

Pemerintah Putuskan Kompetisi Liga 1 Dilanjutkan

7 Desember 2022 - 05:14 WIB

Pemerintah Proyeksikan Perekonomian Nasional 2023 Tumbuh 5,3 Persen

7 Desember 2022 - 05:11 WIB

Trending di Kanal Nasional