Home / Ekbis / Nasional

Minggu, 13 Juni 2021 - 11:16 WIB

Erick Thohir Tetapkan Agus Tjahajana Wirakusumah sebagai Komut Indonesia Battery Holding

Editor - ARSO

istimewa
istimewa

JAKARTA, KANALINDONDONESIA.COM: Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Agus Tjahajana Wirakusumah sebagai komisaris utama (Komut) Indonesia Battery Corporation (IBC) atau Indonesia Battery Holding (IBH).

IBC adalah konsorsium empat BUMN sektor pertambangan dan energi yang nantinya mengembangkan electric vehicle (EV) battery atau industri kendaraan listrik di Indnesia. Keempat perusahaan pelat merah itu adalah Holding Industri Pertambangan (MIND ID) atau Inalum, PT ANTAM Tbk, PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero), dengan komposisi saham sebesar masing-masing 25%.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulungga menyebut, Agus ditempatkan sebagai komisaris utama IBC untuk mempercepat pelaksanaan EV Battery di dalam negeri. Dia sebelumnya, menjabat sebagai komut PT. Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

Baca Juga  Dilantik Jadi Ketua DPD Pejuang Bravo 5 Jatim, Sumantoro Bahas Terkait Kerukunan Jelang Pilpres 2024

“Pak Agus, Komut Inalum sudah menjadi Komisaris Utama di perusahaan IBC Holdingnya EV Battery ke depan. Jadi, Pak Agus memang diminta fokus untuk memberdayakan dan mempercepat EV Battery di Indonesia,” ujar Arya, Minggu (13/6/2021).

IBC sendiri sudah diresmikan Menteri BUMN pada Maret 2021 lalu. Pemegang saham menilai, pendirian holding untuk ekosistem industri baterai kendaraan listrik di Indonesia adalah langkah yang cukup berani. Sebab, industri dalam negeri dirancang agar bisa bersaing dengan negara-negara maju di dunia, seperti China, Amerika Serikat (AS), dan Korea.

Agus sendiri sudah malang melintang atau kawakan di jabatan komisaris sejumlah BUMN. Diantaranya adalah PT. Semen Batu Raja, PT. Pupuk Iskandar Muda, PT. Krakatau Steel, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, PT. Boma Bisma Indra, PT. Pupuk Kujang, dan PT. Rekayasa Industri.

Baca Juga  Dilantik Jadi Ketua DPD Pejuang Bravo 5 Jatim, Sumantoro Bahas Terkait Kerukunan Jelang Pilpres 2024

Mengutip situs Astra Otoparts Agus Tjahajana saat ini juga tercatat sebagai komisaris independen di perusahaan grup Astra Tersebut. Agus diangkat sebagai komisaris di Astra Otoparts sejak Mei 2017.

Di lingkungan birokrasi, Agus pernah menjadi petinggi di Kementerian Perindustrian. Sebelumnya dia pernah menjabat Direktur Jenderal Kerjasama Industri Internasional Kementerian Perindustrian (2010-2015), Direktur Jenderal Industri dan Dagang Kecil Menengah Departemen Perindustrian dan Perdagangan (2002-2004) dan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Elektronika, dan Aneka Departemen Perindustrian dan Perdagangan (1998-2002).

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Tersangka dan Korban Berdamai, Kejari Surabaya Terbitkan SKPP Perkara Penganiayaan

Ekbis

Pegadaian Sabet Penghargaan Indonesia Excellence GCG Award 2022

Nasional

Tiga Arahan Presiden Jokowi untuk BPKP dan Seluruh Jajaran APIP

Nasional

Kejahatan Seksual Kian Marak, Puan Pastikan DPR Gas Selesaikan RUU TPKS

Birokrasi

Segera, PT. Laksana Budaya Pasang Plang Nama Pemilik di Lapangan Bogowonto Surabaya

Health

Satgas: Belajar dari Kudus, Peta Zonasi Risiko Jangan Dianggap Enteng dan Diabaikan

Health

Sebanyak 1,184 Juta Dosis Vaksin Jadi Sinopharm Tiba di Indonesia

Demokrasi

Fix! 1 Juli 2022 Pemerintah Menaikkan Tarif Listrik Bagi Golongan Mampu