Menu

Mode Gelap
Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line Kepergok Selingkuh, Ribut Winarko Cekik dan Tusuk Istri 8 Kali Tukang Las Asal Sidoarjo Dituntut Jaksa Hukuman Mati Sidang Mafia BBM Laut, Jaksa Cecar Direksi PT Bahana Line Soal Keluar Masuk Uang Perusahaan Jaksa Tuntut Mantan Panpel Arema FC Abdul Haris 6 Tahun 8 Bulan Kasus Tragedi Kanjuruhan Malang

Kanal Jatim · 7 Des 2022 05:06 WIB

Gelar Demo Day, PPNS Pamerkan 107 Produk Inovatif Peserta Wirausaha Merdeka


 Direktur PPNS, Eko Julianto memberikan sambutan dalam Demo Day Wirausaha Merdeka PPNS Perbesar

Direktur PPNS, Eko Julianto memberikan sambutan dalam Demo Day Wirausaha Merdeka PPNS

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Wirausaha Merdeka merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, untuk mencetak wirausaha muda di Indonesia. Mengingat jumlah wirausaha di Indonesia masih tergolong rendah, program ini diharapkan akan menciptakan lebih banyak wirausahawan baru.

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), yang merupakan salah satu perguruan tinggi pelaksana dari 17 perguruan terpilih lainnya, mengangkat tema “Project Based Learning Technopreneurship (PBLT)”.

Skema ini berfokus dalam menghasilkan produk atau jasa, yang relevan dengan program studi peserta program khususnya bidang teknologi. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti program ini juga mendapatkan konversi SKS hingga 20 SKS.

Demo Day Wirausaha Merdeka PPNS menampilkan lebih dari 107 produk baik barang maupun jasa yang merupakan hasil rancangan dari mahasiswa. Demo Day merupakan serangkaian kegiatan wirausaha merdeka, dimana kegiatan ini diikuti oleh 1067 peserta Wirausaha Merdeka PBLT PPNS yang berasal dari 24 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 5-6 Desember dan diselenggarakan di Dyandra Convention Center, Surabaya.

Dalam sambutannya, Direktur PPNS, Eko Julianto memberikan tips kepada pada peserta untuk keberhasilan usaha.

“Salah satu hal yang paling utama adalah belajar mendengarkan pelanggan, karena itu menjadi salah satu kunci kesuksesan seorang entrepreneur,” terang Eko.

Dalam Demo day, peserta memamerkan produk yang sudah dirancang selama 4 bulan. Produk yang mereka hasilkan tentunya sudah melalui tahap mentoring bersama dosen, business coach dan praktisi yang berasal dari industri yang relevan dengan produk mereka. Dari proses ini, produk yang dihasilkan baik barang atau jasa sudap siap untuk dipasarkan.

“Tak hanya memberikan pembimbingan, PPNS juga memberikan beberapa benefit kepada mahasiswa dari sertifikat kompetensi BNSP hingga HAKI untuk produk yang mereka hasilkan,” ujar Ketua Wirausaha Merdeka PPNS, Danis Maulana.

Kegiatan ini terbuka untuk umum, sehingga masyarakat dapat melihat produk-produk inovatif karya mahasiswa. Pengunjung dapat menyaksikan beragam produk yang dihasilkan diantaranya yaitu maket kapal, alat pendeteksi K3, olahan makanan, souvenir, budidaya magot, dan masih banyak yang lainnya.

“Diharapkan dengan adanya Demo Day ini, peserta dapat praktik langsung dalam hal teknik komunikasi dan pemasaran produk. Demo Day ditutup dengan penampilan guest star Iksan Skuter dan pemberian penghargaan kepada peserta,” papar Danis. (ari)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peduli Sesama Polisi Sidoarjo Bagikan Makanan Pada Tamu Harlah Seabad NU

8 Februari 2023 - 08:32 WIB

Ongki Sanjaya, Kader HMI Malang Lahirkan IXON ESPORT dan Buktikan Bahwa Aktivis Tidak Hanya Berpolitik

8 Februari 2023 - 07:01 WIB

Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line

8 Februari 2023 - 05:03 WIB

Tak Hanya di Sidoarjo, Santri dan Masyayikh Jatim Juga Peringati Satu Abad NU di Jombang

7 Februari 2023 - 20:22 WIB

Saksi Tergugat Meyakinkan Hakim Atas Kepemilikan Lahan, Namun Tidak Bisa Menunjukkan Bukti Kepemilikan

7 Februari 2023 - 19:38 WIB

Kepergok Selingkuh, Ribut Winarko Cekik dan Tusuk Istri 8 Kali

7 Februari 2023 - 19:27 WIB

Trending di Kanal Hukum