Home / Daerah / Jatim

Kamis, 15 Juli 2021 - 15:26 WIB

Gelar Istighotsah untuk Jawa Timur Sehat, Wagub Emil: Terima Kasih PKS!

Editor - ANANG

SURABAYA KANALINDONESIA.COM :  Prihatin atas lonjakan kasus harian Covid-19 di Jawa Timur, PKS Jawa Timur menggelar kegiatan “Istighotsah untuk Jawa Timur Sehat” pada Rabu (14/7/2021) secara online yang diikuti seluruh pengurus, anggota PKS serta masyarakat umum di seluruh Jatim. Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengapresiasi ikhtiar langit yang dilakukan PKS Jatim.

Kegiatan istighotsah ini, PKS Jatim mengundang KH Fahmi Amrullah Hadziq, pengasuh PP Putri Tebu Ireng, cucu hadratussyaikh Hasyim Asy’ari yang memimpin pembacaan istighotsah. Ada juga KH Mahmud Mahfudz, Wakil ketua Bidang Pembangunan Keummatan dan Dakwah DPP PKS yang memberikan Tausiah, serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Wakil Gubernur Emil Dardak untuk memberikan sambutan.

“Ini ikhtiar langit. Saya mengapresiasi PKS yang telah menggelar Istighotsah ini, semoga wabah Covid-19 akan segera hilang dari di muka bumi ini. Terima kasih dan apresiasi karena PKS telah menggelar kegiatan ini,” kata Emil.

Dengan ikhtiar seperti ini, ia berharap agar masyarakat Jawa Timur dikuatkan agar bisa terus bergerak, bertindak dan menjaga kebersamaan. Menurut Emil, kegiatan semacam ini  sangat diperlukan dalam keadaan yang serba sulit seperti saat ini.

Baca Juga  Hakim Kabulkan MSAT Diadili Offline Pekan Depan

Dalam sambutannya, Emil mengakui lonjakan kasus harian Covid-19 yang ada di Jatim. Hal ini, menurutnya karena adanya pembenahan sistem pendataan yang menyebabkan akurasi yang lebih tinggi dalam penelusuran di lapangan.

“Kami terus meningkatkan upaya dan ikhtiar agar semakin efektif, semakin akurat dan semakin tepat. Upaya kita ini untuk mengantisipasi bagaimana kebutuhan-kebutuhan penanganan medis di rumah sakit,” ujarnya.

Ia menyampaikan, jika angkanya lebih akurat, Pemprov Jatim akan memiliki angka yang lebih akurat, sehingga setelah itu diharapkan ada penurunan kasus, karena dengan data yang akurat penanganannya lebih tepat.

Wagub Emil menyampaikan dalam penanganan Covid-19 di Jatim, Pemprov Jatim membutuhkan kolaborasi untuk terus bekerjasama dan bergotong royong. “Untuk menangani ujian yang maha berat, butuh berjuang bersama sebagai satu bangsa, kebersamaan umat untuk mengatasi pandemi Covid. Terima kasih atas inisiatif dan ikhitiar PKS Jatim ini. Mari kita beristighfar, bertaubat, berdzikir, baca ayat suci Al Qur’an, bersolawat untuk Jawa Timur,” katanya.

Baca Juga  Usai Daftar ke KPU, AHY Minta Seluruh Kader Demokrat Berjuang Raih Kemenangan di 2024

Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan menyampaikan kesiapannya untuk membangun sinergi dan kolaborasi dengan Pemprov Jatim. “Melalui pengurus PKS di seluruh Jawa Timur, kami sudah mengaktifkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat wilayah, 38 Kab/kota seJawa Timur,” ujar pria yang kerap dipanggil dengan kang Irwan itu.

Gugus Tugas Covid-19 ini bertugas untuk mendata dan memperhatikan pengurus dan anggota PKS serta masyarakat di sekitarnya yang terdampak Covid-19. “Sudah saya pesankan ke pengurus PKS hingga di tingkat kecamatan dan desa untuk memperkuat tali silaturahim dan soliditas antara pengurus dan masyarakat. Harus saling dukung saling membantu sesama. Dengan dukungan moral, mental spiritual, finansial yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkena musibah Covid-19.”, tegas Irwan, yang pernah menjabat 2 periode anggota DPRD Jatim.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan istighotsah yang digelar merupakan ikhtiar samawi, setelah ikhtiar manusiawi dilakukan. “Kita iringi ikhtiar-ikhtiar kita dalam menjaga protokol kesehatan, menjaga imunitas dan mendukung program vaksinasi dan tidak lupa melangitkan doa-doa kita, mengumandangkan istighfar kita kepada Allah,” pungkas pria 45 tahun ini. nang

Share :

Baca Juga

Jatim

Tinjau Vaksinasi Pendopo Aspirasi, Ketua Satgas : Vaksin dan Masker Layaknya Payung Saat Hujan

Birokrasi

Sempat Kabur, Pemukul Bocah Akhirnya Diringkus Resmob Polrestabes Surabaya di Tangerang Banten

Birokrasi

Ditengah Wabah Covid-19, Untag Surabaya Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Birokrasi

Dannkodiklat TNI AL Hadiri Prosesi Pembaretan Prajurit Remaja Marinir

Birokrasi

Kejari Tanjung Perak Tahan 4 Tersangka Kasus Korupsi Kredit Pembelian Ruko Sebesar Rp3,5 Miliar
Kang Bupati Sugiri Sancoko didampingi Ka Kwarcab Lisdyarita dan Ketua PMI Ponorogo Luhur Karsanto berangkatkan bantuan tandon air di halaman pendopo

Daerah

Bupati Sugiri dan Ka Kwarcab Ponorogo Lisdyarita Lepas Bantuan 100 Tandon Air untuk Warga Terdampak Semeru

Jabar

Personel Polsek Indramayu Monitoring Vaksinasi Bagi Lansia

Jatim

Kurangi Potensi Risiko Bencana, LPBI NU Ponorogo Sinergis dengan FPRB Jatim