Home / Health

Rabu, 27 Juli 2022 - 10:07 WIB

IDI Meminta Semua Dokter Mewaspadai Gejala Cacar Monyet pada Pasien

Editor - ARSO

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Pekan ini Badan Kesehatan Dunia WHO telah menetapkan status darurat untuk kasus Cacar Monyet. Meski masih belum terdeteksi di Indonesia, namun kasus Cacar Monyet atau Monkey Pox sudah ditemukan di Singapura.

Cacar Monyet adalah suatu penyakit infeksi virus, bersifat zoonosis dan jarang terjadi. Beberapa kasus infeksi pada manusia (human monkeypox) yang pernah dilaporkan terjadi secara sporadis di Afrika Tengah dan Afrika Barat, dan umumnya pada lokasi yang berdekatan dengan daerah hutan hujan tropis. Cacar Monyet ini tergolong ke dalam genus orthopoxvirus. Virus lain yang juga berasal dari genus orthopoxvirus adalah virus variola yang menyebabkan penyakit cacar (Smallpox) dan telah dinyatakan tereradikasi di seluruh dunia oleh WHO pada tahun 1980.

Baca Juga  Buavita Ajak Masyarakat Konsumsi Buah untuk Tangkal Penyakit Menular

Berdasarkan data dari WHO, Penyakit Cacar Monyet pada awalnya teridentifikasi pada tahun 1970 di Zaire dan sejak itu dilaporkan secara sporadis di 10 negara di Afrika Tengah dan Barat. Pada tahun 2017, Nigeria mengalami outbreak terbesar yang pernah dilaporkan, dengan perkiraan jumlah kasus yang terkonfirmasi sekitar 40 kasus.

Sejak Mei 2022, Monkeypox menjadi penyakit yang menjadi perhatian kesehatan masyarakat global, karena dilaporkan dari negara non endemis. Sejak tanggal 13 Mei 2022, WHO telah menerima laporan kasus-kasus Monkeypox yang berasal dari negara non endemis, dan saat ini telah meluas secara global dengan total 75 negara. Hingga 25 Juli 2022 terdapat 18.905 kasus konfirmasi monkeypox di seluruh dunia, dengan 17.852 kasus terjadi di negara tanpa riwayat kasus konfirmasi sebelumnya. Amerika Serikat melaporkan kasus monkeypox sebesar 3846 kasus. Di ASEAN, Singapura telah melaporkan 9 kasus konfirmasi dan Thailand melaporkan 1 kasus konfirmasi.

Baca Juga  Buavita Ajak Masyarakat Konsumsi Buah untuk Tangkal Penyakit Menular

Share :

Baca Juga

Health

Tren Kasus Covid-19 Menurun, Presiden Jokowi Minta Jajarannya Tetap Waspada

Ekbis

Imunitas, Teuku Wisnu Ajak Masyarakat Minum Madu Hijau Logo M

Birokrasi

Kapolda Jatim Tinjau Vaksinasi Anak di SD Santa Clara Ngagel Surabaya

Health

Layanan 11 Telemedicine Gratis Dapat Memenuhi Kebutuhan Pasien Isoman Di Rumah

Health

Kapolresta Sidoarjo Tinjau Vaksinasi di Pelosok Desa

Health

Koopsau II dan Lanud Iswahjudi Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis di Detasemen TNI AU Pacitan

Health

Mendesak, Bupati Sugiri Segera Datangkan Alat Pemilah Plasma Konvalesen

Health

Satgas Intensifkan Sosialisasi dan Edukasi Protokol Kesehatan kepada Masyarakat