Home / Birokrasi / Daerah / Demokrasi / Jatim / News / Pendidikan / Peristiwa

Selasa, 5 Juli 2022 - 18:28 WIB

Jadi Wilayah Langganan Angin Puting Beliung, Mahasiswa Unitomo Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

Editor - ADDY

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM: Jajaran Rektorat Universitas dr Soetomo (Unitomo) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo mengunjungi mahasiswa Unitomo yang tengah berkegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tematik di halaman SDN Terung Wetan, Krian, Sidoarjo, Selasa (5/7/2022).

Di lokasi, sebanyak 50 perwakilan mahasiswa Unitomo dari 5 kelompok peserta KKN tematik Sekolah/Madarasah Aman Bencana (SMAB) sedang memberikan edukasi mengenai penanggulangan bencana puting beliung.

Dalam kunjungannya ini, Rektor Unitomo Siti Marwiyah hadir bersama Kepala BPBD Sidoarjo Dwijod Prawito. Rombongan disambut langsung oleh Kepala SDN Terung Rejo, Riris Estri Lestari.

Saat memberikan sambutan, Riris mengaku sangat terbantu dengan mahasiswa KKN tematik yang memberikan edukasi mengenai bencana kepada para siswa-siswi.

“Daerah kami memang rawan bencana, khususnya puting beliung. Jadi adanya kegiatan mahasiswa KKN tematik Unitomo ini menjadi sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru dan juga siswa. Mereka akan mengenali penanganan risiko bencana sejak dini,” ujarnya.

Baca Juga  Seorang Istri di Surabaya Sebut Suaminya Disekap Petinggi PT Meratus

Sementara itu, Rektor Siti Marwiyah mengatakan, kegiatan KKN Tematik SMAB diharapkan dapat berkelanjutan dan diperluas jangkauannya untuk pengabdian para dosen.

“Kegiatan penuh manfaat seperti ini jangan sampai berhenti di sini. Ke depan para dosen yang ingin melakukan pengabdian bisa berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat atau LPPM agar termonitoring dengan baik,” kata rektor.

Senada dengan Rektor Siti Marwiyah, Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito mengungkapkan bahwa Unitomo telah berkolaborasi dengan BPBD dalam hal kebencanaan.

Baca Juga  Di Kampung Kelahirannya , Moeldoko Didukung Ratusan Warga Maju Capres 2024

“Dimulai pada tahun 2017, hingga tahun ini Unitomo telah banyak memberikan kontribusi berkolaborasi dengan kami. Ini tentu akan menjadi sinergitas yang luar biasa untuk kemanfaatan masyarakat,” urai Dwijo.

Ditemui di sela kegiatan, Penanggung Jawab Program Hendro Wardhono mengatakan, output dari KKN Tematik yang terselenggara sejak 4 Juni lalu berupa Rencana Kontijensi berbasis Komunitas (Renkontas).

“Output ini akan meningkatkan Indeks Ketahanan Daerah Kabupaten Sidoarjo, dengan basis komunitasnya merupakan sekolah,” terang Hendro, yang juga Ketua Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) ini.

Hendro menambahkan, dalam kegiatan penutupan KKN ini digelar simulasi penanggulangan bencana puting beliung. “Siswa perlu diajak secara langsung bagaimana cara menanggulangi, agar bisa terekam kuat di memori mereka,” tandasnya. Ady

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Peringati Hari Musik Nasional, Unitomo Gelar Pameran Berbasis QR Art Dengan Seniman

Jabar

Ini Lokasi Patroli Strong Point Personel Polsek Indramayu

Jabar

Gelar Razia Preman Personel Polsek Indramayu Amankan Tiga Anak Jalanan

Daerah

Silaturahim ke Kejati, PKS Jatim Siap Sinergi dan Kolaborasi Pembinaan Kebangsaan dan Hukum

Jatim

Geser Komorbid, Kasus Kematian Covid-19 di Kota Kediri 86% Berasal dari Pasien Belum Vaksin

Jatim

Buka Pasar Krempyeng Desa Turi, Kang Bupati Sugiri: Dongkrak Perekonomian Warga

Jatim

Beroperasinya Bandara, Bupati Dhito Sebut Kediri Jadi Pusat Penyangga Baru Jawa Timur

Daerah

Demokrat Jatim Gelar Pasar Murah Minyak Goreng Rp.10 Ribu Perliter untuk Warga Tak Mampu