Home / Jatim

Kamis, 10 Maret 2022 - 09:36 WIB

Kang Bupati Sugiri Dampingi TNI AL Koarmada II Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Ponorogo

Editor - ARSO

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Untuk mendukung secara optimal upaya pemerintah Indonesia dalam mengatasi dan mengendalikan penularan Covid 19, melalui percepatan pemberian vaksinasi Covid-19 TNI AL Koarmada II menggelar vaksinasi di SDIT Qurota Ayun, Ponorogo, Kamis(10/03/2022).

Pelaksanaan serbuan vaksin tersebut sesuai dengan UU No. 34 tahun 2004, selain memiliki tugas Operasi Militer Perang, TNI juga memiliki tugas Operasi Militer selain perang. Dimana tugas tersebut salah satunya adalah membantu menanggulangi akibat bencana dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, TNI AL dalam hal ini Koarmada II memberikan bantuan Vaksinasi Covid-19 sebanyak 25.000 (dosis I &II) jenis Sinovac yang dilaksanakan secara serentak di seluruh fasilitas kesehatan di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Dari 25.000 dosis vaksin tersebut, sebanyak 1.000 dosis disiapkan untuk anak usia 6-11 tahun yang digelar di SD IT Qurrota Ayun Ponorogo.

Untuk keberhasilan pemberian vaksin, Koarmada II dan Pemkab Ponorogo menerjunkan tenaga kesehatan profesional gabungan dari Diskes Koarmada II, dan Dinkes Ponorogo sebagai vaksinator maupun Tim PCare.

Sementara demi kelancaran dan ketertiban, disiapkan alur atau prosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta vaksin. Diawali dengan registrasi saat peserta datang, sebagai filter awal persyaratan vaksin.

Baca Juga  Lagi lagi Lelet, Pemprov Jatim Kembali Telat Serahkan KUA PPAS. Sengaja apa Hoby ?

Kemudian screening sebagai kegiatan filter lanjutan oleh tenaga kesehatan, berikutnya vaksinasi, dan terakhir entry data yaitu pengisian data masyarakat yang telah divaksin oleh tim PCare dari Pemkab Ponorogo.

Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, didampingi Bupati Ponorogo, H.Sugiri Sancoko serta Komandan Satgas Bantuan Vaksinasi TNI AL Koarmada II di Kabupaten Ponorogo Letkol Laut (P) Farid Ardiansyah, meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di SDIT Qurrota Ayun.

“Bantuan vaksinasi maritim ini merupakan implementasi dari perintah Presiden Joko Widodo, juga Panglima TNI dan tentunya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL dari Sabang hingga Merauke,”ucap Pangkoarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto.

Lebih lanjut Pangkoarmada II menyampaikan, tujuan dari perintah tersebut tidak lain untuk membantu percepatan terbentuknya Kekebalan Kelompok atau Herd Immunity rakyat Indonesia melalui vaksinasi. Karena dengan melaksanakan vaksinasi lengkap, diyakini dapat mengendalikan pandemi, dan memutus mata rantai penularan Covid-19 serta menuju era endemi Covid-19.

Baca Juga  Usai Jalani Masa Tahanan, Mantan Bupati Jombang Nyono Suharli Bebas

Sementara itu, Kang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pangkoarmada II Surabaya, Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto.

“Selamat datang di Ponorogo, di kota kecil yang memang butuh bimbingan Bapak. Kami bangga sekali pada hari ini merasa punya bapak,”ucapnya.

Dikatakanya,” kualitas yang luar biasa SD IT Qurota A’yun, sehingga kami mengucapkan terima kasih selama ini telah dibantu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Ponorogo yang beriman dan berbudaya. Harapan kami dengan SD Qurrota A’yun semakin maju dan panglima sering datang ke Ponorogo,”pungkasnya.

Terkait vaksinasi massal atau serbuan vaksinasi Maritim, Pangkoarmada II mengungkapkan bahwa Koarmada II selama ini telah membantu sejumlah kota dan kabupaten, baik di wilayah JawaTimur maupun Jawa Tenga, antara lain : Kota Surabaya; Kota Malang; Tegal; Trenggalek; Kabupaten Kediri; Kabupaten Blitar; Kota Blitar; Kabupaten Pacitan; Kabupaten Pasuruan; Kabupaten Ngawi; Kabupaten Sidoarjo; Kabupaten Gresik; Kabupaten Bangkalan; Kabupaten Banyuwangi; Kabupaten Lamongan; Kabupaten Pamekasan; Kabupaten Tulungagung; Kota Semarang; Kabupaten Nganjuk.

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Naik, Kinerja Kemahasiswaan Untag Surabaya Raih Peringkat 28 Nasional

Jatim

PPKM Level 4 Diperpanjang, Bupati Sugiri: Ada Relaksasi, Akan Segera Diterbitkan SE

Jatim

Tari Jalak Lawu Ditetapkan Jadi Tari Khas Magetan

Jatim

Presiden Jokowi, KH Wahab Chasbulloh Sosok yang Menjadi Inspirasi

Daerah

HPL : Bu Gubernur Tolong Perhatikan Nasib TK dan Guru Gurunya di Jatim

Birokrasi

Tiga Oknum Polisi Surabaya Nyabu Sudutkan Saksi Penangkap dari Paminal Propam Mabes Polri

Daerah

Haul Emas Virtual 50 Tahun KH Abd Wahab Chasbullah Diikuti Presiden Jokowi dan Direlay 250 Youtuber

Birokrasi

Kejari Surabaya Deadline Limpahkan Berkas Perkara Perbankan Akhir Agustus