Menu

Mode Gelap
Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line Kepergok Selingkuh, Ribut Winarko Cekik dan Tusuk Istri 8 Kali Tukang Las Asal Sidoarjo Dituntut Jaksa Hukuman Mati Sidang Mafia BBM Laut, Jaksa Cecar Direksi PT Bahana Line Soal Keluar Masuk Uang Perusahaan Jaksa Tuntut Mantan Panpel Arema FC Abdul Haris 6 Tahun 8 Bulan Kasus Tragedi Kanjuruhan Malang

Kanal Aceh · 12 Des 2022 16:51 WIB

Kapolda Aceh Buka Diklat Integrasi TNI Polri di SPN Seulawah


 Kapolda Aceh Buka Diklat Integrasi TNI Polri di SPN Seulawah Perbesar

ACEH BESAR, KANALINDONESIA.COM: Kepala Kepolsian Daerah ( Kapolda) Aceh Irjen Ahmad Haydar membuka pendidikan dan pelatihan (Diklat) integrasi TNI Polri tahun 2022 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Aceh, Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Senin, (12/12/2022).

Ahmad Haydar mengatkan bahwa diklat integrasi tersebut dibuka secara serentak dengan peserta didik dari siswa Dikmaba TNI dan Diktukba Polri. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Prof. Dr. Rycko Amelza Dahniel.

Dasar diklat integrasi kampus kebangsaan TNI Polri tersebut metupakan tindak lanjut kebijakan Panglima TNI dan Kapolri yang dituangkan dalam naskah kerja sama diklat integrasi semua jenis dan jenjang pendidikan TNI dan Polri.

Maksud dan tujuan dari diklat integrasi ini adalah untuk mempererat soliditas dan sinergisitas prajurit TNI dan bhayangkara Polri mulai dari pendidikan, sehingga terbentuk kebersamaan, kekompakan, dan ikatan moral.

“TNI dan Polri yang solid artinya tidak mudah dipecah belah, tidak mudah diadu domba, akan tetapi saling memperkuat dalam menjaga seluruh tumpah darah dan keutuhan NKRI,” sebut Ahmad Haydar.

Ia menjelaskan, TNI dan Polri yang sinergi artinya bekerja secara fungsional dalam satu sistem NKRI, saling mendukung, saling memperkuat, bahu-membahu, bukan bekerja sendiri-sendiri dalam menjamin terwujudnya pembangunan nasional dan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun materi yang diberikan pada diklat integrasi, yaitu pengenalan doktrin satuan TNI Polri, pengenalan matra TNI dan tugas pokok Polri, perbantuan TNI kepada Polri, kolaborasi dalam pelaksanaan tugas, dan membangun soliditas TNI Polri

Diklat integrasi kampus kebangsaan TNI Polri dilaksanakan lima hari, dari 12 -16 Desember 2022 di 13 Satdik Polri, 11 Satdik TNI AD, dan 1 Satdik TNI AL. Secara keseluruhan, jumlah peserta didik seluruhnya adalah 7.306 orang, yang terdiri dari Polri pria 4.346 orang dan wanita 503 orang, TNI AD pria 1.452 orang dan wanita 170 orang, TNI AL pria 765 orang dan wanita 50 orang, dan TNI AU wanita 20 orang.

Untuk di SPN Polda Aceh, katanya, diklat tersebut diikuti 40 peserta dari siswa Diktukba Polri dan 40 peserta dari siswa Dikmaba Kodiklat Kodam IM.

“Khusus tahun ini, diklat integrasi pada bintara wanita dapat dilaksanakan secara bersama-sama di Sepolwan Polri yang diikuti oleh peserta didik dari bintara Polwan Polri, Kowad, Kowal dan Wara. Diklat integrasi bintara TNI Polri ini sudah dua kali dilaksanakan secara serentak,” demikian, kata Ahmad Haydar, sekaligus mengakhiri amanat Kalemdiklat Polri. (M Irwan_kanalindonesia.com)

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gempa M6,2 Guncang Aceh Singkil

16 Januari 2023 - 07:08 WIB

Mengenang 18 Tahun Tsunami Aceh

26 Desember 2022 - 11:40 WIB

foto: kabar24

Wakapolda Aceh Terima Kunjungan Tim Itwasum Polri

15 Desember 2022 - 14:21 WIB

Banjir Landa Delapan Kecamatan di Simeulue Aceh

15 Desember 2022 - 00:09 WIB

Kapolres Bireuen Lepas Peserta Trail Adventure Jelajah Alam Sanggamara

9 Desember 2022 - 11:40 WIB

Kapolda Aceh Terima Dua Penghargaan pada Nominasi Kompolnas Award 2022

9 Desember 2022 - 08:38 WIB

Trending di Kanal Aceh