Home / Jatim

Kamis, 2 Juni 2022 - 14:34 WIB

Kepala BNPB Bersama Wapres RI Tinjau Huntap dan Huntara Sumbermujur

Editor - ARSO

LUMAJANG, KANALINDONESIA.COM: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto S.Sos., M.M., mendampingi Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma’ruf Amin dalam peninjauan pembangunan hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara), sebagai pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi bencana awan panas guguran (APG) erupsi Gunung Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (2/6). Kegiatan peninjauan itu dilakukan guna memastikan pembangunan huntap dan huntara sudah sesuai target dan spesifikasinya dapat memenuhi kebutuhan warga.

Dalam peninjauan itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menjelaskan kepada Wapres Ma’ruf Amin terkait perkembangan pembangunan huntap yang sampai saat ini sudah dalam tahap finalisasi sebanyak 1.887 unit dari total target yaitu 1.951 unit. Sehingga dalam hal ini menurut Kepala BNPB masih ada 64 unit lagi yang masih dalam proses pembangunan dan akan diselesaikan segera.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Ponorogo Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam Rangka HUT ke 77 RI

“Jadi masih ada 64 unit yang saat ini dalam proses pembangunan dan akan diselesaikan segera,” jelas Suharyanto.

Sementara itu pembangunan huntara telah mencapai 437 unit dan yang masih dalam proses ada sebanyak 441 unit. Huntara ini dibangun oleh 81 Non-Government Organisation (NGO) dilanjutkan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Dalam dialog bersama warga, Wakil Presiden memastikan bahwa pembangunan huntap dan huntara yang masih dalam pengerjaan akan segera diselesaikan oleh BNPB dan pemerintah daerah setempat. Wapres mengatakan bahwa proses itu tidak akan lebih dari tiga bulan sehingga para warga dapat segera menempati hunian baru.

Baca Juga  Rame Banget, Penumpang Lomba Agustusan di Bandara Juanda

“Akan diselesaikan dalam waktu yang singkat oleh BNPB dan pemerintah daerah. Sehingga dalam waktu paling lambat tiga bulan semua sudah selesai dan seluruh warga dapat masuk di sini,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Share :

Baca Juga

Daerah

Dukung Peningkatan Layanan Dokumen Kependudukan di Jatim, Bank Jatim Sediakan Mesin ADM Untuk 38 Kabupaten Kota di Jawa Timur

Jatim

Penjelasan Rektor Universitas Tri Tunggal Surabaya, Terkait Ijazah Bupati Sugiri

Jatim

Di Kampung Kelahirannya , Moeldoko Didukung Ratusan Warga Maju Capres 2024

Daerah

Menteri Trenggono, Tingkatkan Layanan Sertifikasi Jaminan Mutu untuk Dorong Kinerja Ekspor Produk Perikanan

Daerah

Golkar Jatim Kurban Belasan Ekor Sapi, Warga Isoman Siap Siap Dapat Bagian

Birokrasi

Kerja Keras Tim yang Solid, SDGs Desa Wringinanom Rampung Lebih Awal dari 336 Desa di Kabupaten Gresik

Birokrasi

Kejari Tanjung Perak Tahan 4 Tersangka Kasus Korupsi Kredit Pembelian Ruko Sebesar Rp3,5 Miliar

Jatim

Merasa Terdzalimi, Didik Akan akan Terus Mencari Keadilan