Menu

Mode Gelap
Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line Kepergok Selingkuh, Ribut Winarko Cekik dan Tusuk Istri 8 Kali Tukang Las Asal Sidoarjo Dituntut Jaksa Hukuman Mati Sidang Mafia BBM Laut, Jaksa Cecar Direksi PT Bahana Line Soal Keluar Masuk Uang Perusahaan Jaksa Tuntut Mantan Panpel Arema FC Abdul Haris 6 Tahun 8 Bulan Kasus Tragedi Kanjuruhan Malang

Kanal Jabar · 26 Sep 2022 17:34 WIB

Kuasa Hukum Pgh, Desak Polres Cirebon Kota Tangkap Ifan Efendi


 Kuasa Hukum Pgh, Desak Polres Cirebon Kota Tangkap Ifan Efendi Perbesar

CIREBON, KANALINDONESIA.COM – Kuasa hukum Pgh, selaku saksi pada kasus keterangan palsu dengan pembuatan laporan kehilangan Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan Barang, untuk perpanjangan pajak dan penggantian plat nomor, menuntut Polres Cirebon Kota untuk segera menetapkan status tersangka kepada aktor intelektual Ifan Effendi.

Pengusaha bawang asal Cirebon ini, diduga sebagai aktor intelektual yang memberikan perintah kepada Pgh yang merupakan bawahannya pada saat itu, untuk melakukan pengurusan surat kendaraan bermotor milik Fifi Sofiah yang diketahui sebagai istri Ifan Effendi.

Juru bicara Kantor Hukum Qorib, Reno Sukrianto mengatakan, kliennya hanya menerima perintah Ifan Effendi. Namun, saat ini Pgh sudah menjadi tersangka kasus keterangan palsu dengan pembuatan laporan kehilangan Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan Barang, untuk perpanjangan pajak dan penggantian plat nomor.

Seharusnya, pihak Polres Cirebon Kota, memanggil Ifan Effendi yang merupakan atasan Pgh dan orang yang memberi perintah. Dan harus segera menetapkan status tersangka kepadanya

“Atasan memberi perintah kepada bawahannya, sebagai bawahan Pgh menuruti. Tapi kemudian saat tersandung masalah hanya Pgh yang ditetapkan sebagai tersangka. Sementara, Ifan Effendi masih enak bebas diluar sana. Kami menuntut keadilan kepada Polres Cirebon Kota, untuk segera menetapkan Ifan Efendi sebagai tersangka,” tuturnya Senin (26/9).

Reno melanjutkan sebelumnya Pgh, memenuhi panggilan penyidik untuk dikonfrontir sebagai saksi. Dalam dugaan perkara tindak pidana menyuruh menempatkan keterangan palsu ke dalam akta authentik.

“Klien kami itu punya atasan yakni Ifan Effendi, dia lah yang menyuruh klien kami, harusnya Ifan ini dipanggil juga oleh pihak penyidik, jangan hanya menumbalkan orang yang disuruhnya,” paparnya.

Menurut Reno, sebagai atasan Ifan menyuruh Pgh untuk melaporkan kehilangan 1 lembar STNK mobil Toyota Camry, No. Pol: E 50 FY, atas nama Fifi Sofiah.

Surat kehilangan tersebut dipergunakan untuk keperluan membayar pajak kendaraan.

“Tidak mungkin klien kami bertindak tanpa ada suruhan dari atasannya, ini harus diklarifikasi, jangan sampai klien kami dikorbankan,” ujarnya.

Kasus ini berakibat STNK dengan nopol E 50 FY tidak dapat dipergunakan karena timbul STNK baru Nopol E 1322 DG. Sehingga pemilik kendaraan Fifi merasa dirugikan dengan kejadian tersebut, dan melaporkan pemalsuan ke Polres Cirebon Kota.

“Pemilik kendaraan Fifi, merasa dirugikan karena tidak dapat mengunakan STNK lamanya karena ada STNK baru yang dia tidak tahu kapan dibuatnya. Kami meminta pihak kepolisian lebih jeli melihat kasus ini,” paparnya.

Dengan adanya fakta-fakta tersebut kami mendesak Pihak kepolisian untuk menetapkan dan menangkap aktor intelektual yakni Ifan Effendi yang menyuruh, memerintahkan, serta membiayai seluruh proses pembayaran pajak mobil Toyota Camry bernopol E 50 FY, karena klien kami dalam perkara tersebut hanya sebagai orang yang disuruh dan tidak ada niat untuk melakukan tindak kejahatan. ()

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Promo February Romantic Fantastic KAI Daop 3 Cirebon Berlakukan Tarif Promo KA Gocher

6 Februari 2023 - 15:26 WIB

Kemendagri Gelar Rakor Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Wujudkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan

5 Februari 2023 - 19:31 WIB

Tingkatkan Terus Transaksi di KAI Access, Dapatkan Hadiah Perjalanan Umroh Gratis

3 Februari 2023 - 14:00 WIB

Flare yang Membesar di Kilang Balongan tidak Membahayakan

24 Januari 2023 - 09:45 WIB

Jaga Kehandalan, Kilang Pertamina Balongan Lakukan Pemeliharan Unit NPU

13 Januari 2023 - 17:13 WIB

Daop 3 Cirebon Turut Mendukung dan Mensukseskan Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon Untuk Indonesia

10 Januari 2023 - 13:43 WIB

Trending di Kanal Jabar