Home / Jatim

Minggu, 30 Januari 2022 - 23:35 WIB

Lantik Ketua HIPMI, Bupati Sidoarjo: Anak Muda Jangan Manja, Ayo Berwirausaha

Editor - ARSO

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM : Gus Muhdlor melantik Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sidoarjo periode 2021 – 2024. Pelantikan tersebut di gelar di Pendopo Delta Wibawa, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jalan Gubernur Suryo No. 1 Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu malam (29/01/2022).

Mudhlor mengajak kaum muda di daerahnya untuk berani berwirausaha. Tumbuhnya kekuatan ekonomi kaum muda disebut Muhdlor sebagai salah satu kunci pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Anak muda jangan manja, jangan menunggu bola, tapi harus jemput bola. Ciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha. Pemerintah daerah siap memfasilitasi,” ujar Muhdlor saat pelantikan BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sidoarjo.

“Kekuatan ekonomi kaum muda, youth economy, bisa mempercepat pemulihan ekonomi. Youth economy ini dahsyat, mereka bergerak di sektor-sektor yang tidak ada dalam bayangan 5-10 tahun lalu, terutama karena pesatnya teknologi. Anak muda Sidoarjo harus berani ambil kesempatan jadi pengusaha,” imbuh Muhdlor.

Baca Juga  Berbaur Dengan Masyarakat Blitar, Kader dan Pengurus DPW Nasdem Jatim Seru Seruan Ikuti Pesta Rakyat 17 Agustus

Muhdlor mencontohkan bagaimana digitalisasi harus dimanfaatkan untuk membuka berbagai jenis peluang baru.

“Pakai internet jangan hanya untuk scrolling medsos, tapi gunakan untuk belajar, cari peluang bisnis. Jelajahi NFT, cloud computing, pengelolaan big data, riset pasar terbaru tentang tren fashion, optimalkan pemasaran, dan sebagainya,” ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkab Sidoarjo terus menggerakkan berbagai program pemulihan ekonomi dari berbagai sektor. Di sektor infrastruktur, berbagai program digeber sehingga bisa memutar ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Ada pula program pelatihan kewirausahaan yang menyasar ribuan warga dengan berbagai jenis sektor, mulai olahan pangan, kecantikan, hingga fashion.

UMKM juga terus didampingi. Bahkan ada program Kredit Sayang dari BPR Delta Artha dengan skema yang sangat murah. Tahun ini, Pemkab Sidoarjo juga akan mengucurkan program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (KURMA) berupa pemberian modal Rp5-50 juta untuk kaum perempuan, termasuk di dalamnya yang berusia muda, agar bisa berwirausaha.

Baca Juga  SIG Resmikan Bantuan Pembangunan TPQ dan Renovasi Masjid Manba’ul Ulum di Kabupaten Gresik

“Saya menantang HIPMI Sidoarjo untuk berani terjun dengan berbagai program agar semakin banyak anak-anak muda yang jadi pengusaha. Harus bikin target, misal dalam setahun ini mencetak 500-1.000 pengusaha muda baru. Pemerintah daerah tentu siap mendukung,” papar bupati muda ini.

“Kita saat ini menghadapi tantangan pemulihan ekonomi. Salah satunya bagaimana kita buka sebanyak mungkin lapangan kerja. Ini harus terus kita dorong dengan tumbuhnya pengusaha-pengusaha muda baru,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua HIPMI Sidoarjo Dian Felani mengaku siap berkolaborasi dengan Pemkab Sidoarjo untuk memacu ekonomi di daerah tersebut.

“HIPMI siap menjadi trigger pemulihan ekonomi terutama dengan menggerakkan ekonomi kaum muda agar sebanyak mungkin membuka lapangan kerja,” ujar Dian. (Irw)

Share :

Baca Juga

Jatim

Tuntut Transparansi Pembagian Lapak, Pedagang Pasar Legi Ponorogo Kembali Gelar Aksi Unjuk Rasa Damai

Daerah

Terima Badko HMI Jatim, Demokrat Perkuat Kolaborasi untuk Berdayakan Sektor Kepemudaan

Bisnis

Wedang Herbal DIANA, Minuman Kaya Akan Manfaat

Jatim

Belasan Motor yang Diduga Digunakan Balap Liar Diamankan Satlantas Polres Gresik

Jatim

Peringati Hari Air Dunia, Pemkot Kediri Ingin Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Daya Air

Health

Tekan Tren Kasus Korona, Pemdes Banyu Urip Gelar Vaksin Gratis

Daerah

Pemprov Jatim Minta Posko Bencana Diperkuat Hadapi Fenomena La Nina

Jatim

Akselerasi Vaksinasi Menjadi Kunci Pengendalian Korona, Kapolres Gresik Tinjau Lokasi Pelaksanaan