Home / Daerah / Maluku Utara

Minggu, 8 Mei 2022 - 14:05 WIB

Manfaatkan Pekan Syawal, Masyarakat Kelurahan Tongowai Gelar Kegiatan Bernuansa Religi

Editor - admin

MALUKU UTARA, KANALINDONESIA.COM: Pekan Syawal 1443 H/ 2022 M, dimanfaatkan oleh masyarakat Kelurahan Tongowai dengan menggelar berbagai kegiatan positif dan bernuansa religius.

Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Nuruttarbiyah Kelurahan Tongowai Kecamatan Tidore Selatan Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Provinsi Maluku Utara (Malut), Sabtu (7/5/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Generasi Islam dengan Mencintai Al-Qur’an” ini, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo.

Turut hadir Kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, Camat Tidore Selatan bersama Forkopimcam, Kepala Kelurahan Tongowai, Tokoh Agama,  Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Tongowai.

Ismail Dukomalamo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Pekan Syawal 1443 Hijriah /2022  ini, sangat bermanfaat, karena di bulan syawal ini merupakan bulan kemenangan, dimana kita wajib untuk menjaga silahturahim antar sesama.

Baca Juga  Hakim Kabulkan MSAT Diadili Offline Pekan Depan

“Kegiatan ini juga menjadi momen yang tepat untuk membuktikan ketakwaan kita, setelah melewati amalan-amalan ibadah di bulan Ramadhan,” tuturnya.

Lanjutnya, Semoga kegiatan Pekan Syawal 1443 Hijriah, menjadi media dalam memperkuat ukhuwah masyarakat Tongowai dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, untuk bersama-sama mendukung visi “Terwujudnya Masyarakat Sejahtera menuju Tidore Jang Foloi”.

“Kegiatan Pekan Syawal 1443 Hijriah juga tak hanya bersifat ceremonial ataupun media silahturahim saja, namun harus mampu menjadi media untuk menunjukkan dan talenta generasi muda Tongowai,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Siti Hawa Hasan, S.Kom  menjelaskan, kegiatan Pekan Syawal 1443 Hijriah ini, dengan tujuan agar dapat meningkatkan rasa cinta generasi muda dan masyarakat Kelurahan Tongowai terhadap Al-Qur’an.

Baca Juga  Soal Insiden Tewasnya Brigadir J, Presiden: Jangan Ragu, Ungkap Kebenaran Apa Adanya

“Melalui pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an di setiap sendi kehidupan masyarakat, yang bertujuan meningkatkan minat dan bakat generasi muda dalam mencintai Al-Qur’an, memotivasi masyarakat berlomba-lomba dalam menyiarkan syiar Islam melalui kegiatan pekan syawal, serta menumbuhkan dan mewujudkan kepedulian terhadap sesama warga masyarakat,” ungkapnya.

“Kegiatan ini rencananya mulai dari tanggal 7 sampai dengan 14 Mei 2022 mendatang, yang terdiri dari 8 jenis mata lomba diantaranya Tilawatil Qur’an, Syahril Qur’an, Tartil Qur’an, Hifzil Qur’an, Tadarus Al-Qur’an, Shalawat Nabi, Qasidah serta Adzan bagi anak-anak dan remaja, dengan jumlah peserta 150 yang berasal dari 6 RT di Kelurahan Tongowai dan keluarga besar Tongowai yang berada di Goto dan sekitarnya,” terangnya.(Iswan_Kanalindonesia.com)

Share :

Baca Juga

Daerah

Komisi A DPRD Jatim Cari Masukan untuk Evaluasi Perda PORA di BAKESBANGPOL Kota Probolinggo

Jabar

Personel Polsek Gabuswetan Gelar KRYD Pendisiplinan Prokes Cegah Penyebaran Covid-19

Birokrasi

Imbas Penutupan Akses Masuk Surabaya dan Sidoarjo, Jalan Brigjen Katamso Macet

Jabar

Melalui Patroli Wiralodra, Polsek Indramayu Jaga Kamtibmas di Wilayah Hukumnya Tetap Kondusif

Health

Lonjakan Kasus COVID-19 di Jateng, Begini Laporan Gubernur Kepada Ketua Satgas Ganip Warsito

Jatim

Rakor Penanganan Covid-19 DPD PDI Perjuangan Jatim, Lisdyarita: “Kita Butuh Gotong Royong!”
suasana apel pasukan pengamanan sidang MSAT di PN Surabaya, (foto: Ady_Kicom)

Birokrasi

405 Personel Disiagakan Sidang MSAT, Polisi: Guna situasi keamanan

Jatim

Polres Sumenep Amankan Penyebar Video Hoaks Tentang Korban Vaksin Sinovac