Home / ACEH

Senin, 20 September 2021 - 18:53 WIB

Matangkan Master Plan, Pemkab Lombok Barat Siap Menuju Smart City

Editor - admin

Suasana kegiatan Bimbingan Teknik tahap II Penyusunan Master Plan Gerakan menuju Smart City.(Foto: Dinas Kominfo Lombok Barat)

LOMBOK BARAT, KANALINDONESIA.COM:  Tim pelaksana Smart City Pemkab Lombok Barat bersama Tim Teknis dari Kemenkominfo RI, menggelar Bimbingan Teknik tahap II Penyusunan Master Plan Gerakan menuju Smart City, di Aula GEM Pearls Batulayar, Senin (20/9/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut adanya penandatanganan Nota Kesepahaman antara Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI dengan Pemkab Lombok Barat tentang Gerakan Menuju Smart City yang telah disahkan pada tanggal 20 Mei 2021 silam.

Sekretaris Daerah Lombok Barat Dr. H. Baehaqi melalui Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat, Ahad Legiarto, mengatakan bahwa Pemkab Lombok Barat berterima kasih kepada tim ahli dan tim pembimbing dari Kementerian Kominfo yang telah membimbing Lombok Barat dalam menyusun master plan dan quick win smart city.

Baca Juga  10 Tim Bola Voli Pelajar Siap Ikut Turnamen Piala Gubernur NTB 2022

“Sejak awal Lombok Barat sangat mendukung program smart city yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam program menuju 100 smart city,” kata Ahad Legiarto.

Ahad menyampaikan, Bimtek tahap kedua ini difokuskan pada perencanaan atau kerangka berpikir smart city, arah pembangunan smart city, strategi pembangunan smart city, rencana aksi smart city hingga peta jalan pembangunan smart city daerah.

“Perencanaan ini tentu menyiapkan landasan dan konsep Smart City berdasarkan kearifan lokal Kabupaten Lombok Barat,” tuturnya.

Baca Juga  Cari Atlet Berbakat, Turnament Bola Voli Pelajar Gubernur NTB 2022 Digelar

“Sedangkan sasaran kegiatan ini yakni tersusunnya dokumen program smart city yang komprehensif dan aplikatif serta terwujudnya Program Quick Win,” imbuh Ahad.

Ahad Legiarto menambahkan bahwa Lombok Barat telah melakukan berbagai upaya untuk menuju kota pintar. Hal ini sangat penting agar Lombok Barat dapat menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang memiliki sistem digital untuk mendukung program digital nation dari Kementerian Kominfo.

“Smart City ini tentu akan sangat memudahkan dan melancarkan tugas dan fungsi Pemkab Lombok Barat. Selain itu masyarakat akan dapat terlayani dengan mudah dan cepat dengan adanya sistem digital,” kata Ahad, menambahkan.(*)

Share :

Baca Juga

ACEH

Manggarai Kembali Diguncang Gempa Berkekuatan M4,8

ACEH

Kesetaraan Gender Harus Diwujudkan Bersama

ACEH

Forkopimda dan Awak Media Ikuti Lomba Menembak di Polres Bener Meriah

ACEH

Satlantas Polres Bener Meriah Bagikan Masker dan Himbau Pengendara Berhati-hati, Kasatlantas : H-3 Lebaran Arus Lalin Mulai Padat

ACEH

Meriahkan Hari Bhayangkara, Polda Aceh gelar Lomba Menembak Eksekutif

ACEH

Salah Satu Ulama Karismatik Aceh Utara Meninggal Dunia

ACEH

Sambut HUT Bhayangkara ke-76, Polres Subulussalam Gelar Rangkaian Kegiatan

ACEH

Resmikan Kampung Pancasila, Dandim Aceh Tamiang Siap Gaungkan Pancasila Hingga Pelosok