Home / Ekbis / Keuangan / Nasional / News / Peristiwa

Jumat, 29 April 2022 - 02:47 WIB

Maybank Syariah Percayakan BAZNAS Salurkan 80 Paket Ramadhan Bahagia untuk Yatim dan Dhuafa

Editor - rudi

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (UUS Maybank Indonesia) mempercayakan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan 80 paket Ramadhan Bahagia untuk anak yatim dan dhuafa.

Paket berisi sembako ini tersebar di seluruh Indonesia dimulai sejak 4 April 2022 lalu hingga 30 April 2022.

“Alhamdulillah, program Paket Ramadhan Bahagia mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk Maybank Syariah. Paket Ramadhan Bahagia merupakan salah satu program unggulan BAZNAS di bulan Ramadhan ini. Dengan adanya perhatian dari pihak lain, maka program ini akan semakin optimal,” kata Direktur Pengumpulan BAZNAS, H. Faisal Qosim, Lc kepada wartawan di AEON Mall, Cakung, Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Ia menjelaskan, pihaknya menerima penyaluran dana kebajikan dari Maybank Syariah untuk menebar kebaikan di bulan Ramadhan. Dana yang diberikan akan dikemas oleh BAZNAS menjadi program Paket Ramadhan Bahagia dengan tema “Ramadhan Berbagi Bersama Yatim dan Dhuafa”.

“Yatim dan dhuafa termasuk golongan asnaf, atau mereka yang berhak menerima bantuan zakat. Terlebih saat ini kita sedang di masa kebangkitan usai dilanda pandemi selama dua tahun lamanya. Semoga bantuan yang disalurkan dapat meringankan beban mereka, sehingga bisa merasakan Ramadhan dengan bahagia,” kata Faisal.

Dalam Paket Ramadhan Bahagia, BAZNAS menargetkan penyalurannya pada Ramadhan 1443 H ini sebanyak 10.000 paket, yang akan disebarluaskan ke seluruh titik mitra/BAZNAS Pusat/Provinsi/Kab/Kota.

Faisal pun mengucapkan terima kasihnya kepada berbagai pihak dan terutama Maybank Syariah yang sudah membantu kelancaran program Paket Ramadhan Bahagia, sehingga bisa memberi manfaat kepada umat.

Baca Juga  Dikabarkan Ferdy Sambo Akan Ditetapkan sebagai Tersangka

“Saya ingin berterima kasih atas bantuan donatur yang telah menyalurkan dananya melalui BAZNAS, sehingga dapat turut menyukseskan berbagai program BAZNAS, salah satunya Paket Ramadhan Bahagia. Dengan sumbangsih yang diberikan, dapat memberi manfaat dan kebaikan di tengah masyarakat,” katanya.

Romy Buchari, Head Shariah Banking Maybank Indonesia mengatakan, Program pemberian santunan kepada para yatim dan dhuafa telah menjadi agenda rutin UUS Maybank Indonesia pada setiap bulan suci Ramadan sejak 2018. Inisiatif ini merupakan wujud kepedulian kami untuk dapat meringankan beban saudara-saudari kita, khususnya bagi anak-anak yatim dan dhuafa di tanah air di bulan yang penuh berkah ini.

“Selain penyaluran santunan secara langsung, UUS Maybank Indonesia juga mengajak nasabah untuk bersama-sama berbagi kebaikan melalui program My Berbagi Kebaikan Bank. Program ini, memberikan kesempatan kepada Nasabah untuk dapat berperan aktif dalam menyalurkan bantuan dengan membuka Maybank Tabungan iB dan bertransaksi finansial melalui digital banking platform M2U ID App dan Web. Dengan melakukan hal tersebut, maka Maybank Indonesia akan menyisihkan Rp10,000.-/transaksi sebagai donasi yang bersumber dari dana kebajikan untk disalurkan ke dalam program swasembada penyediaan air bersih bagi komunitas masyarakat dan lembaga pendidikan di Indonesia,” katanya.

Di samping itu, UUS Maybank Indonesia juga memberikan kemudahan kepada Nasabah yang ingin menyalurkan sedekah di bulan Ramadan, baik dalam bentuk donasi Zakat, Infak dan Sedekah melalui M2U ID App/Web ke lembaga-lembaga yang telah bekerjasama dengan Maybank Indonesia.

Baca Juga  Bunuh Diri Akibat Rentenir Masih Marak, LaNyalla: Salah Satu Dampak Kemiskinan Struktural

“Seluruh program yang kami gelar di bulan Ramadan ini sejalan dengan misi Bank yakni humanising financial services dimana UUS Maybank Indonesia dapat hadir di tengah masyarakat di dalam segala kondisi dan waktu khususnya melalui bantuan sosial kali ini yang diharapkan dapat memberi manfaat serta menjadi berkah tersendiri bagi saudara-saudari kita yang kurang mampu di Tanah Air,” tambah Romy.

Di samping pemberian santunan oleh UUS Maybank Indonesia, Maybank Islamic, yakni Bank Umum Syariah yang beroperasi di Malaysia juga melaksanakan serangkaian kegiatan bantuan sosial selama bulan Ramadhan melalui Ramadan Relief yang disalurkan ke beberapa negara di kawasan ASEAN termasuk Indonesia.

Program Ramadan Relief Maybank Islamic menjangkau lebih dari 5,000 penerima bantuan di total 11 negara dimana Maybank beroperasi. Sejak didirikan pada tahun 2013 hingga kini, Maybank Islamic telah mengalokasikan dana lebih dari RM12 juta dan telah memberikan manfaat kepada sekitar 120.000 keluarga kurang mampu. Program Ramadan Relief Maybank Islamic telah berlangsung di Indonesia sejak 2017. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Maybank Islamic kembali bekerja sama dengan LSM Islamic Relief Malaysia perwakilan Indonesia untuk menyalurkan bantuan berupa bahan pangan pokok yang biasa dikonsumsi saat Ramadan. Bantuan ini diserahkan kepada 400 penerima kepala keluarga kurang mampu dengan total nilai bantuan sebesar RM 90,000 atau setara dengan kurang lebih Rp300 juta. @Rudi

Share :

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Koopsau III

Peristiwa

Melalui Serbuan Vaksinasi Koopsau III, Kapen Koopsau III Sebut Yang Sudah Tervaksin 18.960 Orang

Nasional

Buka Perdagangan BEI, Presiden Optimistis Berbagai Tantangan 2022 Bisa Dilalui

Birokrasi

Geram Diklaim Malaysia, Perkumpulan Reog di Surabaya Gelar Aksi Simpatik

Nasional

Hasil Survey Menyebutkan Masyarakat Jabar Puas dengan Kinerja Pemda Provinsi Tangani COVID-19

Health

Kemenkes Catat Dua Pasien Konfirmasi Omicron Meninggal Dunia

Birokrasi

Skripsi Ala Mahasiswi Fakultas Hukum Untag Surabaya, Daur Ulang Rapid Tes

Nasional

Presiden Joko Widodo Bertolak ke Jawa Barat untuk Kunjungan Kerja

Nasional

Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kecam Tindakan Intimidasi Jurnalis CNNIndonesia dan Detik.com