Menu

Mode Gelap
Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line Kepergok Selingkuh, Ribut Winarko Cekik dan Tusuk Istri 8 Kali Tukang Las Asal Sidoarjo Dituntut Jaksa Hukuman Mati Sidang Mafia BBM Laut, Jaksa Cecar Direksi PT Bahana Line Soal Keluar Masuk Uang Perusahaan Jaksa Tuntut Mantan Panpel Arema FC Abdul Haris 6 Tahun 8 Bulan Kasus Tragedi Kanjuruhan Malang

Kanal Budaya dan Wisata · 23 Jan 2023 09:44 WIB

Mengenal Suripto dan Sejarah Terciptanya Lagu “Magetan Kumandang”


 Mengenal Suripto dan Sejarah Terciptanya  Lagu “Magetan Kumandang” Perbesar

MAGETAN, KANALINDONESIA.COM: Lagu Magetan Kumandang, sering kali kita dengarkan di berbagai acara Pemerintah Kabupaten Magetan. Terutama saat bulan Oktober, saat rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Magetan. Lagu ini tak bisa lepas dari nama Suripto sang penciptanya.

Lagu gending Jawa ini ternyata sudah berusia 48 tahun. Dan diciptakan oleh Suripto, seorang PNS yang berdinas di Dinas Kebudayaan Magetan era tahun 70 an. Saat Bupati Magetan dijabat oleh Bupati Djayadi tahun 1973 – 1978.

“Dibuatnya waktu jaman Pak Bupati Djayadi. Kira kira tahun tujuh empatan, ” ungkap Suripto usai acara Mbulan Dadari di Pendopo Surya Graha, Sabtu (21/1/2023) kemarin.

Diceritakan Suripto, moment diciptakan lagu itu, saat Magetan aktif mengikuti lomba lomba desa. Baik tingkat propinsi maupun nasional.

Maka untuk menyemangati, ia mendapat perintah dari Kasi Kebudayaan, Dikbud Magetan untuk menciptakan sebuah lagu tentang Magetan.

Lalu dikerjakanlah perintah tersebut. Dan tidak butuh waktu lama, Suripto akhirnya bisa menciptakan lagu tersebut. Baik syair maupun notasinya.

” Waktunya ya tiga hari itu bikinnya. Malam hari saya gunakan untuk corat coret nulis syairnya, ” kenang Suripto.

Setelah jadi, ia serahkan draft lagu itu ke Kasi Kebudayaan waktu itu,
Sutarjono. Dan langsung disetujui, bahkan tidak mendapat koreksi apapun.

Lagu itu sendiri dinyanyikan pertama kali di gedung Mahendra, yang sekarang ditempati Bank BRI cabang Magetan. Dinyanyikan oleh para kepala sekolah se Magetan. Para kepala sekolah ini sudah dilatih sebelumnya oleh Suripto.

“Pertama kali dinyanyikan di gedung Mahendra waktu itu. Oleh para kepala sekolah. Mereka sudah kita latih sebelumnya, ” kenangnya.

Atas buah karyanya ini, Suripto mendapat piagam penghargaan dari Bupati Magetan Suprawoto. Diserahkan saat acara Mbulan Dadari di Pendopo Surya Graha, Sabtu (21/1/2023) lalu.
(Arif_Kanalundonesia.com)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

PT KAI Daop 7 Madiun Gelar Apel Peringatan Bulan K3 Nasional

8 Februari 2023 - 13:44 WIB

Aksi Blokir Jalan, Warga Sampung Tuntut Aktifitas Truk Tambang Dihentikan

8 Februari 2023 - 13:32 WIB

La Lisa Hotel Surabaya Gelar Event Kids & Mom Cooking Class “How To Make Boomber Burger”

8 Februari 2023 - 13:15 WIB

Peduli Sesama Polisi Sidoarjo Bagikan Makanan Pada Tamu Harlah Seabad NU

8 Februari 2023 - 08:32 WIB

Ongki Sanjaya, Kader HMI Malang Lahirkan IXON ESPORT dan Buktikan Bahwa Aktivis Tidak Hanya Berpolitik

8 Februari 2023 - 07:01 WIB

Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line

8 Februari 2023 - 05:03 WIB

Trending di Kanal Hukum