Menu

Mode Gelap
Bersama Pemkab Ponorogo, UMPO Launching Aplikasi Digital-Media Reka Creative Desa Gagal Pengereman, Hasil Penyelidikan Laka Bus Wisata di Magetan Grup Band Slank Bakal Ramaikan Kota Tidore 3 Terdakwa Kasus Ambruknya Seluncur Kenpark Diadili di PN Surabaya Operasi Skala Besar Gengster, Jajaran Polrestabes Surabaya Amankan 26 Orang Pemuda

Kanal Jateng · 23 Jan 2022 16:50 WIB

Menjelang Usia 4,5 Abad Kota Pemalang


					Menjelang Usia 4,5 Abad Kota Pemalang Perbesar

PEMALANG, KANAL INDONESIA.COM: Usia suatu kota atau daerah yang semakin tua, menunjukan jati diri kota sudah lama sejak dahulu dikenal banyak orang, tak terkecuali dengan kota pemalang, kota yang besok pada tanggal 24 januari 2022, genap berusia 4,5 abad, atau lebih tepatnya berusia 447 tahun, sebuah angka yang sangat lama, lebih mendekati sebagai usia sebuah kota kuno.

Kota yang terletak di pesisir pantai utara pulau jawa, bersebelahan dengan kota batik pekalongan keberadaannya sudah cukup lama, yaitu semenjak sebelum ada kota kota di sebelah perbatasannya, seperti tegal, purbalingga dan kabupaten pekalongan.

Tapi ada hal yang aneh, ketika orang Pemalang merantau ke luar kota seperti Jakarta, Bandung ataupun Surabaya, ketika ditanya asal kotanya, banyak yang tidak tahu Pemalang, mereka lebih mengenal Kota Malang di Jawa Timur,  hal ini banyak dialami warga Pemalang, termasuk para TKI asal Pemalang, di luar negeri justru Kota Malang yang lebih dikenal.

Di usia yang begitu tua 447 tahun, dimana besok hari senin 24 januari merayakan hari jadinya, banyak warga yang tidak tahu atau ketika mereka tahu pun hari ulang tahun kotanya, mereka tidak begitu peduli.

Sandy(45) salah satu warga kota Pemalang ketika ditanya kanalindonesia.com tentang bagaimana pendapatnya dalam menyambut hari jadi Kota Pemalang,  dengan raut muka biasa mengatakan,” saya sebagai warga asli Lemalang, melihat perkembangan kota Pemalang biasa biasa saja mas, tanpa ada kemajuan yang signifikan,” jawab pria yang keseharianya berprofesi sebagai sopir bus ini.

Begitu juga Ayu seorang mahasiswa kesehatan, ketika ditanya pesan dan kesan Hari Jadi Kota Pemalang menjawab dengan sedikit malas,” tidak ada komentar mas,” jawabnya.

Memang kota Pemalang, berusia sangat tua, akan tetapi perkembangan kemajuan, terutama di bidang ekonomi belum begitu dirasakan secara maksimal oleh warga nya.

Bahkan yang lebih miris lagi, Kabupaten Pemalang masih menempati 5 besar sebagai kota termiskin di Jawa Tengah ( data tahun kemarin oleh I NEWS TV).

Usia tua adalah keharusan, akan tetapi kedewasaan adalah pilihan. Warga Kota Pemalang berharap semakin tua kotanya, semakin ada dampak pembangunan ekonomi buat warganya, jangan sampai hanya berbangga sebagai kota tua, tapi secara ekonomi rakyatnya masih berada di bawah garis kemiskinan ( ragil74)

Artikel ini telah dibaca 804 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Terima Gelar Dr.HC dari ISI Surakarta, Garin Sampaikan Strategi Budaya Sebagai Oase

6 Desember 2022 - 17:33 WIB

Kakanwil Kemenkumham Jateng, Sambangi Warga Binaan

5 Desember 2022 - 21:53 WIB

Seorang Warga di Pemalang, Meninggal Saat Tunaikan Sholat Jum’at

3 Desember 2022 - 18:37 WIB

Presiden Hadiri Puncak Peringatan HUT Ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional 2022

3 Desember 2022 - 18:03 WIB

Banjir Rob Landa Tiga Kecamatan di Kabupaten Pemalang

2 Desember 2022 - 18:59 WIB

Lima Orang Disidangkan dalam Perkara Tipiring di PN Pemalang

30 November 2022 - 09:46 WIB

Trending di Kanal Jateng