Home / Uncategorized

Selasa, 24 Mei 2022 - 22:55 WIB

Menlu Retno: GPDRR Ajang Pertukaran Pengalaman Mitigasi Bencana

Editor - ARSO

BADUNG, KANALINDONESIA.COM: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meninjau persiapan penyelenggaraan upacara pembukaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa petang (24/5/2022)

GPDRR merupakan pertemuan multistakeholders terbesar yang dikelola oleh United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR).

“Pertemuan GPDRR di Indonesia ini menjadi yang pertama kali dilakukan di Asia dengan mengusung tema _From Risk to Resilience_, mengubah risiko menjadi ketahanan menuju _sustainable goals_ untuk semua,” kata Retno kepada awak media.

Hingga saat ini, tercatat peserta GPDRR yang mendaftar mencapai 6.000 orang dari 183 negara. Pertemuan masih dilakukan secara hybrid, tetapi lebih dari 80% akan hadir secara fisik di lokasi acara.

Antusiasme ini menegaskan kembali posisi Indonesia sebagai aktor penting dalam agenda kebencanaan di kawasan Asia Tenggara, Asia-Pasifik, dan dunia. GPDRR menjadi momentum Indonesia melakukan _soft diplomacy_ kepemimpinan dalam agenda kebencanaan dunia pascapandemi Covid-19.

“Ketuanrumahan GPDRR ini menunjukkan kepercayaan dunia atas kepemimpinan indonesia sebagai _champion issue_ kebencanaan. Kedua, pertemuan ini akan digunakan untuk _exchange experience, best practice capacity building_, dalam menangani bencana yang tidak terjadi hanya sekali, tetapi dari waktu ke waktu,” pungkas Retno.

GPDRR dinilai sebagai platform multistakeholders yang paling tepat untuk melakukan pertukaran pengalaman dalam memperkuat kemitraan menuju resiliensi berkelanjutan. Multistakeholders yang dimaksud tercermin dari partisipasi perwakilan Non-Governmental Organization (NGO) sebanyak 24%, Pemerintah 20%, Akademisi 11% dan kalangan bisnis sebanyak 7%.

Forum ini juga akan digunakan Menteri Retno melakukan pertemuan bilateral dengan Abdulla Shahid selaku President of the 76th Session of the United Nations General Assembly dan Amina Mohammed, Deputy Secretary-General of the United Nations.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Ketua DPR RI: Pemerintah Agar Bertindak Cepat Atasi PMK Demi Kelancaran Rantai Pasok Daging Saat Idul Adha

Jatim

Peringan Beban PKL, Polres Gresik Salurkan BTPKLW
Pembinaan mental

Uncategorized

Korem 173/PVB Gelar Bintal Bagi Prajurit, PNS dan Anggota Persit
pertemuan IKKT

Uncategorized

Pertemuan IKKT Kosekhanudnas I, Bagikan Tips Stay Glowing at Home

Uncategorized

Antisipasi Penambahan Kebutuhan Tempat Karantina, Kepala BNPB Tinjau Kesiapan Rusun di DKI Jakarta

Uncategorized

MPLS SMA Negeri Wringinanom 1, Siap Mencetak Generasi Berdaya Saing Tinggi

Uncategorized

Yuhronur Efendi Instruksikan Peningkatan Satgas di Tingkat Desa dan Kuatkan PPKM Mikro

Uncategorized

Hari Kelima Paska Erupsi Semeru,  43 Korban Meninggal Dunia