Menu

Mode Gelap
Saksi Kunci Sebut BBM Hasil Penggelapan Dijual ke PT Bahana Line Kepergok Selingkuh, Ribut Winarko Cekik dan Tusuk Istri 8 Kali Tukang Las Asal Sidoarjo Dituntut Jaksa Hukuman Mati Sidang Mafia BBM Laut, Jaksa Cecar Direksi PT Bahana Line Soal Keluar Masuk Uang Perusahaan Jaksa Tuntut Mantan Panpel Arema FC Abdul Haris 6 Tahun 8 Bulan Kasus Tragedi Kanjuruhan Malang

Daerah · 10 Nov 2021 23:12 WIB

Pakai Kostum Pejuang, Untag Surabaya Laksanakan Upacara Hari Pahlawan Secara Langsung


 Peserta upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November kenakan kostum pejuang, (foto: ady_kanalindonesia.com) Perbesar

Peserta upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November kenakan kostum pejuang, (foto: ady_kanalindonesia.com)

Peserta upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November kenakan kostum pejuang, (foto: ady_kanalindonesia.com)

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Memperingati Hari Pahlawan 10 November, secara perdana Kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya di masa pandemi Covid-19 melaksanakan upacara Hari Pahlawan secara Langsung.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 mengakibatkan dua tahun ke belakang ini Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya melaksanakan segala sesuatunya secara virtual, tak terkecuali upacara bendera.

Guna memperingati Hari Pahlawan, untuk pertama kalinya Untag Surabaya melangsungkan upacara bendera secara langsung pada Rabu pagi 10 November 2021 di Lapangan Parkir Utara Untag Surabaya.

Terdapat hal yang menarik perhayian, di mana para peserta upacara mengenakan pakaian daerah dan pakaian pejuang.

Dalam pelaksanaannya, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Untag Surabaya mengikuti rangkaian upacara dengan khidmat.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Untag Surabaya – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA, CPA yang mengenakan pakaian adat Bali, menjadi Inspektur Upacara dan menyampaikan pesan perjuangan pahlawan Indonesia.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dalam hal ini, kita sebagai masyarakat Indonesia yang juga sebagai penerus bangsa kiranya dapat meneladani dan mengambil nilai-nilai kepahlwanan, serta mencontoh semangat juang para pahlawan,” ujar Prof. Nugroho.

Ada pula kutipan pidato dari Bung Karno yang disampaikan oleh Prof. Nugroho, “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”

Tidak hanya itu, amanat dari Menteri Sosial RI – Tri Rismaharini turut disampaikan oleh Prof. Nugroho yang memaparkan bahwa meski Indonesia mengalami penjajahan panjang dan gagal dalam merebut kemerdekaan, para pendiri bangsa Indonesia tetap membangun identitas bahwa seluruh masyarakat Indonesia bersaudara, sebangsa, dan setanah air.

Lebih lanjut saat upacara Prof. Nugroho menegaskan, masyarakat Indonesia harus kuat dalam menyatukan bangsa seperti slogan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya, kita harus buktikan kepada dunia kalau bersama kita bisa meneruskan cita-cita para pahlawan,” tegasnya sembari menutup pembacaan amanat Menteri Sosial.

Sementara itu, bendahara YPTA Surabaya – J. Subekti, SH., MM. turut hadir menyampaikan ‘Kilas Sejarah Hari Pahlawan’ dengan mengenakan pakaian pejuang.

“Kita harus mengikuti semangat patriotik arek-arek Suroboyo. Tumbuhkan jiwa patriotisme di dada,” kata Subekti.

Kemudian Subekti juga menekankan bahwa jiwa patriotisme ini ditandai dengan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta kepada tanah air, mempunyai semangat berjuang dan tidak takut untuk berkorban, serta pantang menyarah.

“Mudah-mudahan kilasan sejarah ini membakar semangat kita supaya lebih giat dalam berkarya untuk mengisi kemerdekaan dan menyongsong Indonesia maju,” pungkas Subekti. Ady

Artikel ini telah dibaca 698 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ikut Hadir bersama Jutaan Warga nahdliyin di 1 Abad NU, Hidayat Nur Wahid dan Ketua PKS Jatim Kompak Apresiasi Peran NU untuk NKRI

8 Februari 2023 - 14:51 WIB

PT KAI Daop 7 Madiun Gelar Apel Peringatan Bulan K3 Nasional

8 Februari 2023 - 13:44 WIB

Aksi Blokir Jalan, Warga Sampung Tuntut Aktifitas Truk Tambang Dihentikan

8 Februari 2023 - 13:32 WIB

La Lisa Hotel Surabaya Gelar Event Kids & Mom Cooking Class “How To Make Boomber Burger”

8 Februari 2023 - 13:15 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Pemerintah Berantas Korupsi Tak Pernah Surut

8 Februari 2023 - 08:37 WIB

Peduli Sesama Polisi Sidoarjo Bagikan Makanan Pada Tamu Harlah Seabad NU

8 Februari 2023 - 08:32 WIB

Trending di Kanal Jatim