Home / Militer

Senin, 14 Juni 2021 - 05:57 WIB

Pangdam XVIII/Kasuari: Beri Kebanggaan Untuk Saudara dan Orang Tua di Papua, Dimana Kalian Berasal

Editor - WINARKO

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM Kalian harus mencerminkan kebersihan dan kesucian hati serta kesederhanaan sebagai penjaga dan pembela bangsa. Berikan kebanggaan untuk saudara dan orang tua yang ada di Papua, dimana kalian berasal. Papua merupakan bagian dari NKRI. Untuk itu, jaga Merah Putih dan NKRI Harga Mati. Pesan ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) kepada para siswa lulusan Bintara Otonomi Khusus (Bintara Otsus) Kodam XVIII/Kasuari yang sedang menjalani Pendidikan Kejuruan Bintara Kecabangan Infanteri (Dikjurbaif) di Rindam Jaya, Jakarta, saat melakukan kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Pendidikan (Wasdaldik) terhadap mereka di tempat dimana para Bintara (berpangkat Sersan Dua) ini digembleng untuk menjadi seorang Prajurit Infanteri TNI Angkatan Darat, baru baru ini

Baca Juga  BK Kelapa Gading Terus Gencarkan Serbuan Vaksinasi Maritim Untuk Warga Hingga Tuntas

Pada kegiatan Wasdaldik ini, Pangdam menemui dan bertatap muka langsung dengan para Prajurit Siswa Dikjurbaif Orang Asli Papua (OAP) tersebut sekaligus memberikan arahan, sebelum pendidikannya selesai dan akan ditutup dalam waktu yang tidak lama lagi.

Para prajurit siswa tersebut merupakan putra-putra terbaik tanah Papua Barat yang terpilih untuk menjadi prajurit TNI melalui program perekrutan Bintara Otsus yang dilaksanakan Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020 lalu. Sebelumnya mereka telah selesai melaksanakan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD dan ditempatkan pada kecabangan (korps) Infanteri sehingga harus menempuh Dikjurbaif sebelum berdinas di satuan masing-masing.

Kepada para Prajurit Siswa ini, Pangdam menekankan agar mereka mampu menunjukkan diri sebagai prajurit yang berasal dari Papua Barat, yang dapat bersaing dan sejajar dengan para prajurit lainnya yang berasal dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Dandim 1707/Merauke Berikan Pengarahan Kepada Anggota Kodim 1707/ Merauke

Juga diingatkan Pangdam bahwa pendidikan yang sedang mereka tempuh itu tidaklah ringan, yang menuntut kemampuan fisik dan mental yang kuat, dalam menyelesaikan tahap demi tahap pendidikan dengan secara baik.

“Perlu kalian ingat, Prajurit TNI yang hebat terlahir dan terbentuk dari kesulitan. Untuk itu, Prajurit Siswa sekalian harus melaksanakan pendidikan ini secara tulus dan ikhlas, serta mengikuti proses belajar-mengajar dan berlatih secara baik, sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab,” kata Mayjen I Nyoman Cantiasa yang mantan Danjen Kopassus [email protected]

 

Share :

Baca Juga

Briefing Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Militer

Kasiops Kasrem 173/PVB Berikan Briefing dan Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam
Prajurit Satlinlamil 2 Surabaya latihan menembak

Militer

Asah Kemampuan Menembak, Prajurit Satlinlamil2 Suarbaya Latihan Menembak Senjata Laras Panjang dan Pistol
gebyar vaksinasi

Militer

Cegah Penyebaran Covid-19, Yonif PR 305 Kostrad Bersama Polres Karawang Gelar Serbuan Vaksinasi
Peresmian lapangan Olah Raga 4 in One

Birokrasi

Lapangan ‘4 In One’ Kodam XVIII/Kasuari Diabadikan Nama Pahlawan Nasional Papua Barat

Birokrasi

Ngaku Bisa Loloskan Korban Seleksi Masuk AKPOL Berbayar Rp1 Miliar, Novi Aliansyah Dibekuk Polda Jatim
Mabes TNI

Militer

Kembali Panglima TNI Mutasi dan Promosi Jabatan 104 Perwira Tinggi
Waaslog Kasal Berikan Pembekalan kepada pasis Dikreg Seskoal

Militer

Waaslog Kasal Berikan Pembekalan Bagi Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 59 Tahun 2021
Wakasal Laksamana TNI Yudo Margono wakili Kasal

Militer

Kasal Tekankan Sinergitas Operasional Antar Institusi Guna Keselamatan dan Keamanan Maritim