Home / Militer

Selasa, 26 Juli 2022 - 04:02 WIB

Pangkogabwilhan III Berikan Pengarahan Kepada Para Perwira TNI Jajaran Kogabwilhan III

Editor - WINARKO

MERAUKE,KANALINDONESIA.COM:Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III) Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E, M.Tr(Han) memberikan pengarahan kepada para Komandan Satuan dan para perwira TNI dari satuan TNI AD,TNI AL dan TNI AU di wilayah Kabupaten Merauke Papua di Aula L.B Moerdani Makorem 174/ATW Merauke, Senin (25/7/22).

Pangkogabwilhan III beserta rombongan  saat berkunjung di Makorem disambut langsung Kasrem 174/ATW  Kolonel Inf Frits Wilem  Rizard Pelamonia  beserta seluruh staf dan para Dansat/Balakdisjan jajaran Korem 174/ATW.

Dalam arahannya Letjen TNI I Nyoman Cantiasa menyampaikan, bahwa sebagai Pangkogabwilhan III yang memiliki wilayah meliputi 4 Provinsi yaitu Maluku, Maluku Utara, Papua dan Provinsi Papua Barat  ingin melihat langsung dan mengetahui masalah yang ada, saran dan rencana yang akan dilaksanakan ke depan serta  yang harus dipertanggungjawabkan baik  dalam Operasi  Militer Perang (OMP) dan Operasi Selain Perang (OMSP), sebagai penangkal dan pemulih apabila ada permasalahan keamanan.

Baca Juga  Wow! 18 Mahasiswa UK Petra Lolos Masuk Program MSIB

“Ada kejadian apapun di Papua adalah tanggungjawab kita semua, apa yang menjadi langkah langkah dan upaya kita tentang tanggungjawab keamanan khususnya di wilayah yang cukup luas ini,”jelasnya.

Menurutnya, Penanganan Papua dan Papua Barat sesuai dengan perundangan yang ada tidak mengambil kewenangan instansi lain, status wilayah Papua bukan Derah Operasi Militer (DOM) tetapi tertib sipil, penguasa ada pada pemerintah daerah setempat.

“Sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2010 tentang percepatan Pembangunan Papua, tugas TNI harus mendukung pembangunan agar bisa berjalan dengan  lancar,”ujarnya.

Kepada para Komandan satuan dan prajurit, Pangkogabwilhan III berharap agar protap protap dan regulasi di satuan masing – masing  harus jelas. “Peran perwira kepada anggotanya harus betul betul dilaksanakan jangan sampai prajurit tidak mengerti apalagi lengah, pembinaan personil menjadi atensi,”tuturnya.

Baca Juga  Usai Jalani Masa Tahanan, Mantan Bupati Jombang Nyono Suharli Bebas

Pada kesempatan itu Pangkogabwilhan III juga mengajak kepada para perwira untuk membangun Papua dan jangan tinggalkan tanah Papua dengan air mata. Selain itu  mengingatkan kepada para  Komandan satuan dan para perwira  agar melaksanakan apa yang menjadi perintah Panglima TNI terutama upaya ketahanan pangan harus digalakkan.

Diakhir pengarahannya Pangkogabwilhan III mengucapkan terima kasih kepada prajurit yang telah melaksanakan tugas operasi dengan baik di wilayah Papua Selatan .

“Perwira hebat adalah perwira – perwira yang  bisa melaksanakan tugas di tempat yang tersulit dan terlahir dari situasi yang terjelek,”pungkasnya.

Usai pengarahan dilanjutkan penyerahan cinderamata dari Pangkogabwilhan III  kepada para Komandan satuan dari tiga matra ( Kepada Danrem 174/ATW yang diterima oleh  Kasrem, Danlantamal-XI Merauke dan kepada Danlanud J.A. Dimara Merauke) dan foto [email protected]

Share :

Baca Juga

Kasad sedang memberikan penagarahan

Militer

Pengarahan Kepada Pati dan Pamen TNI AD, Kasad : Seorang Pemimpin Harus Memiliki Imajinasi dan Inovasi

Birokrasi

Letkol Laut (P) Mufianto Machfud, S.E., M.Tr.Hanla., M.M.,CTMP Jabat Danselapa Kodiklatal
pesawat tempur F-16 akan melaksanakan flypast

Militer

8 Pesawat Tempur F-16 dan 6 Helikopter TNI, Siap Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI
Apel Kesiapan PPRC TNI

Militer

Upaya Kesiapan Satuan, Yonif Para Raider 501 Kostrad Apel Kesiapan PPRC TNI

Militer

Pangkoopsud I Pimpin Sertijab  Komandan Lanud Roesmin Nurjadin

Birokrasi

Komandan Satran Koarmada II Pimpin Sertijab Komandan KRI Pulau Rengat-711
Sidang Pantukhirda Casis Tamtama PK TNI AU Gelombang I

Militer

Danlanud Halim Perdanakusuma Pimpin Sidang Pantukhirda Casis Tamtama PK TNI AU Gelombang I
sertijab Dangrup 3 Kopassus

Militer

Sertijab Dangrup, Danjen Kopassus : Lahirkan Ide dan Pemikiran Baru