Home / Maluku Utara

Rabu, 20 Juli 2022 - 15:02 WIB

Pembukaan Bimbingan Teknis Implementasi E- Arsip Terintegrasi Kota Tidore Kepulauan

Editor - ARSO

TIDORE KEPULAUAN, KANALINDONESIA.COM: Kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) implementasi E-Arsip terintegrasi Kota Tidore Kepulauan.

Pembukaan Bimtek dilakukan di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, Rabu (20/7).

Wali Kota Tidore Kepualauan Capt H. Ali Ibrahim mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, mau tidak mau setiap sektor kehidupan dituntut harus melakukukan penyesuaian-penyesuaian, begitu juga dengan sistem pemerintahan.

Terkait kearsipan yang juga dituntut harus terus mengikuti perkembangan zaman dan melakukan perubahan, utamanya dalam mendukung penerapan Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca Juga  Seorang Warga di Tidore Temukan Kadal Berekor Cabang

Transformasi dalam bidang kearsipan sendiri telah melahirkan sebuah aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Lanjutnya, atas nama pemerintah daerah, kami sangat mendukung penuh penerapan aplikasi SRIKANDI di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, dan meminta kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar dapat meneguhkan komitmen menyiapkan sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM), yang bekualitas maupun kebutuhan lainya, guna mendukung kelancaran impementasi aplikasi tersebut.

Sementara, Koordinator Kelompok Substansi Kearsipan Daerah Wilayah I c Dwi Nurmaningsih dalam laporannya mengatakan, Aplikasi Srikandi adalah aplikasi bidang kearsipan yang berbagi pakai, gratis tidak berbayar, tidak memerlukan pembelian server di daerah, dapat digunakan pada seluruh pemerintahan pusat, daerah, organisasi perangkat daerah, kecamatan sampai kelurahan dan desa.

Baca Juga  Gerak Jalan Kreasi di Kelurahan Toloa, Wawali Tikep: Kegiatan Yang Mempererat Tali Silaturahmi Keluarga Besar

Dwi Nurmaningsih berharap Kota Tidore kepulauanĀ  dapat segera mengimplementasikan e-arsip terintegrasi, melalui penggunaan aplikasi Srikandi, atau sistim informasi kearsipan dinamis yg terintegrasi, karena disamping dapat meningkatkan nilai indeks SPBE Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, juga meningkatkan nilai pengawasan kearsipan yang berkolerasi pada peningkatan nilai reformasi birokrasi, agar mendapatkan nilai WTP sekaligus mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Tidore Kepulauan. (Iswan_KanalIndonesia.com).

Share :

Baca Juga

Daerah

Pimpin Apel Gabungan, Wali Kota Tikep Tegaskan ASN Tetap Tegakkan Disiplin dalam Tugas

Maluku Utara

Kota Tidore Kepulauan Kembali Sabet 3 Penghargaan Berturut-Turut

Maluku Utara

Turnament Tuguwaji Event III Tahun 2022 Resmi Ditutup Wawali Tikep

Maluku Utara

Wali Kota dan Kadishub Tikep Lakukan Kunjungan Kerja ke Kementerian Perhubungan RI, Ini Tujuannya

Maluku Utara

Tarif Speedboat Tujuan Bastiong-Rum saat Malam Naik Harga, Penumpang Minta Pemda Atur Tarif Malam

Maluku Utara

Lepas Gerak Jalan di Mafututu, Wawali Tikep Berikan Sejumlah Uang kepada Peserta Gerak Jalan Anak TK dan SD

Maluku Utara

Meriahkan HUT RI ke-77, Karang Taruna Gam Raha Doyado Gelar Porseni ke-II

Maluku Utara

Pemda Tikep Terima Penghargaan dari BKN Regional XI Manado, Ini Kategorinya