Home / Nasional

Rabu, 23 Maret 2022 - 21:13 WIB

Pemerintah Longgarkan PPLN dan Perbolehkan Mudik

Editor - ARSO

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Perkembangan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia terus membaik. Karena itu, pemerintah memutuskan untuk mengambil beberapa langkah pelonggaran, antara lain terkait kebijakan pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN) yang kini tidak perlu melewati karantina, melainkan hanya melakukan tes usap PCR.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangannya terkait Kebijakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan Panduan Protokol Kesehatan Ramadan dan Idulfitri 1443 H, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu(23/03/2022).

“Pelaku perjalanan dari luar negeri yang tiba melalui bandara di seluruh Indonesia tidak perlu lagi harus melewati karantina. Namun, pemerintah tetap mewajibkan pelaku perjalanan yang tiba dari luar negeri untuk melakukan tes usap PCR. Kalau tes PCR-nya negatif, silakan langsung keluar dan bisa beraktivitas. Kalau tes PCR-nya positif akan ditangani oleh Satgas Covid-19,” ujar Presiden.

Baca Juga  Dilantik Jadi Ketua DPD Pejuang Bravo 5 Jatim, Sumantoro Bahas Terkait Kerukunan Jelang Pilpres 2024

Lebih lanjut, Kepala Negara mengatakan bahwa situasi pandemi yang membaik juga membawa optimisme menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Kepala Negara menyampaikan, tahun ini umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta dapat melakukan mudik Lebaran.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ungkapnya.

Baca Juga  Dilantik Jadi Ketua DPD Pejuang Bravo 5 Jatim, Sumantoro Bahas Terkait Kerukunan Jelang Pilpres 2024

Sementara itu, bagi para pejabat dan pegawai pemerintah, kegiatan buka puasa bersama dan gelar griya _(open house)_ masih dilarang. Presiden pun kembali mengingatkan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan dan berharap tren yang makin membaik ini dapat terus dipertahankan.

“Saya minta kita semuanya tetap menjalankan protokol kesehatan, disiplin menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan jaga jarak,” tandasnya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Presiden Jokowi Tetapkan PPKM Darurat di Jawa dan Bali

Nasional

INACRAFT 2022, Presiden Jokowi Puji Kerajinan UMKM Sidoarjo

Daerah

Gerakan #Indonesiapastibisa Diapresiasi Pemkab Bekasi Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Birokrasi

Polisi Gelar Reka Ulang Ibu Aniaya Anak Balitanya Hingga Tewas, Adegan ke 17 Paling Sadis

Hukum

Direktur MPI Bantah Pernyataan Kuasa Hukum China Sonangol Soal Saham 1 Persen

Hukum

Terpidana Kasus Ujaran Kebencian, Yahya Waloni Bebas dari Penjara

Ekbis

Hansaplast Ajak Masyarakat Pentingnya Siaga Pertolongan Pertama di Rumah di Masa Pandemi

Jabar

Mayla Syakira Bangga Bisa Adu Akting Dengan Dea Imut di Webseries Abi Ghea