Home / Jatim

Rabu, 23 Maret 2022 - 18:33 WIB

Pemkab Ponorogo Siapkan Rp155 M untuk Perbaikan Jalan

Editor - ARSO

Ilustrasi jalan rusak

Ilustrasi jalan rusak

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo dalam kepemimpinan Bupati Sugiri Sancoko melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Ruang (PUPR) menyediakan anggaran sebesar Rp155 miliar untuk memperbaiki 51 ruas jalan yang rusak.

Anggaran yang dipergunakan berasal dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan khusus untuk pembangunan sarana infrastruktur.

“Saat ini masih proses dokumen lingkungan yang ditarget akhir bulan ini,” ucap Kepala DPUPKP Ponorogo Henry Indrawardana.

Henry juga menambahkan, prioritas pembangunan diantaranya jalan perintis, kawasan pariwisata, serta jalan kabupaten, kota, maupun desa.

Baca Juga  Seorang Istri di Surabaya Sebut Suaminya Disekap Petinggi PT Meratus

“Kita targetkan pembangunan jalan rusak dengan total panjang 107 kilometer tersebut ditarget mulus tahun ini,” tambahnya.

Dikatakan Henry, realisasi dana PEN merupakan langkah pemerataan pembangunan lantaran perbaikan jalan mayoritas menyentuh wilayah pedesaan.

“Akses jalan merupakan kebutuhan masyarakat. Ini erat kaitannya dengan jalur distribusi untuk peningkatan akses ekonomi maupun pariwisata,” tegas Henry.

Lebih jauh, Henry menjelaskan, saat ini tengah mengebut menyelesaikan berbagai syarat pemanfaatan PEN. Seperti dokumen upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemanfaatan lingkungan (UKL-UPL)

Baca Juga  Di Kampung Kelahirannya , Moeldoko Didukung Ratusan Warga Maju Capres 2024

“Kami harus menghitung harga perkiraan sendiri (HPS) untuk 51 ruas jalan. Apalagi setiap pekerjaan di tiap ruas jalan harus melewati prosedur lelang. Hitungan kasarnya, pembangunan fisik dimulai awal April,” ujarnya.

Pembangunan ruas jalan itu telah tertuang dalam kerangka acuan kerja (KAK) yang diajukan bersamaan penandatanganan Memorandum off Understanding (MoU).

“Ratusan miliar uang untuk insfrastruktur itu telah masuk pos APBD di tahun ini. Karenanya, DPUPR harus menuntaskan penyusunan timeline pekerjaan agar tidak molor,”pungkasnya.

 

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Polsek Tambaksari Gerebek Kos Kawasan Banowati Surabaya, 1 Bandar dan 2 Pengedar Diamankan

Jatim

HPN 2022, Bupati Pacitan Janjikan Balai Wartawan

Birokrasi

Wow! 18 Mahasiswa UK Petra Lolos Masuk Program MSIB

Jatim

Mengawali Tugas, Kapolres Magetan Silaturahmi ke NU dan Muhamadiyah

Jatim

Pemkot Surabaya Wajibkan Kontingen PON Jatim Jalani Karantina Setelah Pulang dari Papua

Demokrasi

Gubernur Jawa Timur Ingatkan Pesan Bung Karno Saat Hadiri Peringatan Maulid Nabi

Jatim

Hujan Deras Akibatkan Tanah Longsor Hingga Robohkan Rumah Warga

Jatim

Terima Top 15 Inovasi Pelayanan Publik, Polresta Sidoarjo Jalani Presentasi KIPP Kemenpan RB