Home / Nasional

Selasa, 13 Juli 2021 - 13:10 WIB

Pimpin Prasetya Perwira Tahun 2021, Presiden Jokowi Lantik 700 Perwira Remaja TNI dan Polri

Editor - admin

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo pada Selasa, 13 Juli 2021, bertindak selaku inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2021 yang bertempat di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Presiden dalam kesempatan tersebut melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 700 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut, yakni Reyhan Wirawan (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Besty Chrisabel Tambunan (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Protestan, Veronika Vinelia Saragi Sidabutar (Akademi Angkatan Udara) perwakilan beragama Katolik, dan I Gede Agung Sukamara (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Baca Juga  Dikabarkan Ferdy Sambo Akan Ditetapkan sebagai Tersangka

Para perwira yang dilantik oleh Presiden itu terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 227 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 101 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 91 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 281 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 65/TNI Tahun 2021 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 66/Polri Tahun 2021.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Septian Haryono Pasaribu dari Akmil, Always Giving Hamonangan dari AAL, Laode Abdul Muis dari AAU, dan Hary Indradjati dari Akpol.

Baca Juga  Soal Insiden Tewasnya Brigadir J, Presiden: Jangan Ragu, Ungkap Kebenaran Apa Adanya

Upacara Praspa berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebagian besar dari para perwira tersebut mengikuti jalannya prosesi acara melalui konferensi video di masing-masing akademi angkatan dan kepolisian.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah undangan terbatas di antaranya Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, hadir pula Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Danjen Akademi TNI Marsdya Andyawan Martono, dan Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel.

Share :

Baca Juga

Lifetrend

Visions of Peace Initiative Jadi Role Model Perdamaian dan Favorit untuk Menang Hadiah Nobel Perdamaian 2022
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat menyambut kedatangan lima anggota jajaran Polda Jatim timnas bola volley menyumbang medali emas SEA Game 2022 Vietnam, (foto: Ady_Kicom)

Birokrasi

SEA Games 2022 Vietnam, Lima Atlet Bola Volley Jajaran Polda Jatim Sumbang Medali Emas

Nasional

Presiden Akan Saksikan MotoGP Mandalika dan Buka Sidang Ke-144 IPU di Bali

Ekbis

Peningkatan Ekspor Pertanian Turut Dongkrak Kesejahteraan Petani

Nasional

Presiden Jokowi: Inklusivitas Prioritas Utama Kepemimpinan Indonesia pada G20

Nasional

Kemkominfo: Selain Blacklist Ada Whitelist dalam Penanganan Konten di Internet

Nasional

Ibu Iriana Jokowi Maknai Peringatan Hari Kartini sebagai Era Kebangkitan Perempuan Lawan Pandemi

Birokrasi

Pastikan Gak Punya Penyakit Parah, Cek di Fitur Screening Aplikasi Mobile JKN Sekarang