Home / Nasional

Kamis, 8 Juli 2021 - 08:24 WIB

Presiden Tinjau Kesiapan Rusun Pasar Rumput untuk Isolasi Pasien Covid-19

Editor - ARSO

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo pada Rabu malam, 7 Juli 2021, meninjau langsung kesiapan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta, sebagai salah satu tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19. Rusun tersebut disiapkan pemerintah sebagai langkah antisipasi apabila terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Malam hari ini saya sengaja dengan Menteri PUPR dan juga Kepala BNPB datang langsung untuk mengecek kesiapan Rusun Pasar Rumput dalam rangka kegunaannya untuk isolasi pasien-pasien Covid-19 yang bergejala ringan dan OTG,” ujar Presiden dalam keterangannya di lokasi selepas peninjauan.

Setibanya di lokasi, Presiden langsung menuju tower satu, lalu naik menuju lantai 8 yang nantinya akan diperuntukkan bagi para pasien. Sementara itu, akomodasi untuk para tenaga kesehatan akan disiapkan di lantai 4.

Baca Juga  Ahli Hidrologi Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada akan Bencana Hidrometeorologi

Rusun Pasar Rumput sendiri terdiri atas tiga tower. Tower pertama yang dicek Presiden telah siap digunakan dengan kapasitas 2.060 tempat tidur. Jika ditambah dengan tower kedua dan ketiga yang akan siap dalam 2-3 hari ini, maka kapasitas total mencapai 5.950 tempat tidur.

“Kita harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga meminta kepada seluruh kepala daerah baik yang berada di Pulau Jawa dan Bali maupun di luar Pulau Jawa dan Bali untuk terus mengecek langsung ke lapangan terkait kondisi penanganan pandemi di daerahnya masing-masing.

Baca Juga  Breaking News, Putri Candrawathi Resmi Ditahan di Rutan Mabes Polri

“Mengontrol kesiapan-kesiapan baik itu obat-obatan, baik itu alat kesehatan, baik itu tabung oksigen dan juga tempat-tempat isolasi yang selalu dan harus dipersiapkan,” lanjutnya.

Di penghujung keterangan, Presiden juga mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah bekerja keras menangani pandemi Covid-19.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dokter, para tenaga kesehatan, dan seluruh relawan yang telah bekerja pagi, siang, dan malam dalam rangka menangani Covid-19 ini,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito.

Share :

Baca Juga

Nasional

Hadiri WEF, Presiden Jokowi Paparkan Strategi Indonesia Wujudkan Ekonomi Hijau

Nasional

Ketua Satgas Tekankan Bahwa Covid Belum Selesai

Nasional

Jelang Libur Panjang, Pemerintah Imbau Masyarakat Tidak Ke Luar Negeri

Nasional

Berita Kunjungan Kerja Ketua Satgas ke Israel Adalah Tidak Benar

Nasional

Resmikan Pembukaan Pameran Foto, Kasetpres Apresiasi Hasil Karya Foto Jurnalistik Pewarta Foto Indonesia

Birokrasi

Polisi Ungkap Fakta Joddy Kemudikan Mobil Berkecepatan Tinggi Sebelum Terjadi Kecelakaan di Tol Jombang

Birokrasi

BPUM Bantu Pelaku UMKM di Masa Pandemi

Birokrasi

Polres Lamongan Selidiki Dana Aliran Rekening 120 Desa Dan BUMDES Terkait Dugaan Korupsi Warung LA