Home / Health / Nasional

Jumat, 16 Juli 2021 - 07:52 WIB

Rangkaian Kegiatan Hari Raya Idul Adha Harus Taat Protkes

Editor - ARSO

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan 2 Surat Edaran untuk mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjelang hari Raya Idul Adha 1442 H.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut 2 surat edaran itu ialah Surat Edaran No. 16 Tahun 2021 dan Surat Edaran No. 17 Tahun 2021. “Pada prinsipnya, surat-surat edaran ini untuk memastikan berjalannya Protokol Kesehatan selama rangkaian ibadah Idul Adha,” Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 dan PPKM Darurat di Graha BNPB, Kamis (15/7/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga  Dikabarkan Ferdy Sambo Akan Ditetapkan sebagai Tersangka

Termasuk juga meniadakan sementara peribadatan di tempat ibadah berupa takbiran dan shalat Idul Adha di wilayah PPKM Darurat. Selain itu masyarakat juga diminta mematuhi Protokol Kesehatan bahkan setelah ibadah hari raya Idul Adha dengan menghindari kegiatan yang memicu kerumunan. Sehingga penularan klaster keluarga dapat dicegah.

Satgas di Daerah harus menindaklanjuti surat edaran ini dengan melakukan koordinasi bersama pihak-pihak terkait. Seperti pengurus masjid, ulama, panitia kurban untuk memastikan rangkaian kegiatan Idul Adha dilaksanakan dengan baik sesuai ketentuan di dalam surat edaran.

Baca Juga  Polisi Umumkan Penetapan Ferdy Sambo sebagai Tersangka

“Kepada pengurus masjid dan ulama diminta mensosialisasikan ketentuan di dalam ketentuan surat edaran ini di wilayahnya masing-masing,” pungkas Wiku.

Share :

Baca Juga

Nasional

Pelaporan Logistik dan Peralatan Melalui Pemanfaatan InaRISK Personal

Nasional

Kasetpres akan Serahkan Bantuan Beras dan Oksigen Konsentrator ke Sejumlah Provinsi

Gadget

realme Support Kelola Sampah dan Aliran Sungai Ciliwung dalam Goes to Zero Waste

Nasional

Indonesia Dorong Penguatan Sistem Ketahanan Kesehatan Dunia pada Global Covid-19 Summit
Kepala Kejari Tanjung Perak I Ketut Kasna Dedi, SH., MH., saat pimpin Anev Capaian Kinerja selama bulan Januari sampai Juli, (Foto: Ady_Kicom)

Birokrasi

Kado Istimewa Kejari Tanjung Perak di Hari Bakti Adhyaksa ke-62 Tahun 2022

Birokrasi

Wagub Emil Dardak Minta Pemprov Jatim Tekan Kasus Ekstremisme Berbasis SARA di Lingkungan Sekolah

Nasional

Puan Maharani: Perhatikan Keberangkatan, Hindari Puncak Arus Mudik

Health

Tiga Hari Berturut-turut, DPC BMI Ponorogo Fogging di Sejumlah TempatĀ