Home / Birokrasi / Budaya / Daerah / Demokrasi / Jatim / News / Pendidikan / Peristiwa

Senin, 31 Januari 2022 - 15:53 WIB

Resmikan Fakultas Baru Bernuansa Imlek, UK Petra Surabaya Gelar Pameran Luminous

Editor - ADDY

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya meresmikan fakultas baru. Yakni Fakuktas Humaniora dan Industri Kreatif (FHIK). Menandai keberadaannya, maka saat menyambut Tahun Baru Imlek 2022 ini mereka saling berkolaborasi gelar pameran bertajuk Luminous.

Pameran ini digelar pada Senin (31/01/2022) mulai pukul 13.00 WIB ini di Creative Co-Design Studio UK Petra.

“Luminous ini sendiri memiliki arti sebagai penerang, sama seperti lampion yang identik dengan suasana imlek. Fungsinya untuk menerangkan, maknanya bisa menyinari kehidupan dengan memberikan harapan di tahun yang baru. Harapannya sama seperti FHIK agar menjadi fakultas yang memberikan harapan dan sinergi baru bagi mahasiswa. The Creaborative Folks!,” jelas Dwi Setiawan, S.S., MA-ELT, Ph.D selaku Dekan FHIK UK Petra.

Dosen dan mahasiswa saling berkolaborasi dalam acara yang berlangsung sehari ini dengan membuat aneka ornament Imlek. Mulai dari lampion hingga hiasan dinding yang terbuat dari amplop angpao dan kertas origami.

Baca Juga  Penyaluran (BLT) DD, Desa Wringinanom, Warga: Terimakasih Pak Jokowi

“Melalui acara ini kami ingin menunjukkan bahwa FHIK saling support satu sama lain tanpa ada yang lebih menonjol,” jelas Sekretaris Program Studi Desain Interior, Poppy Firtatwentyna Nilasari, S.T., M.T.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FHIK, Dwi Setiawan, S.S., MA-ELT., Ph.D., kemudian dilanjutkan dengan aksi para mahasiswa FHIK membuat secara langsung pembuatan ornament seperti Jian Zhi dan Kaligrafi.

Jianzhi merupakan seni potong kertas merupakan salah satu seni tertua asal cina. Biasa digunakan untuk dekorasi rumah pada saat tahun baru Imlek, upacara pernikahan, sampai upacara penguburan. Bentuknya pun sangat bervariasi, mulai dari karakter-karakter huruf Mandarin maupun bentuk-bentuk hewan, tumbuhan, dan manusia.

“Kegiatan yang akan dilakukan sangatlah mudah dan tidak memerlukan waktu lama sehingga setiap orang yang hadir dapat berpartisipasi secara langsung dalam membuat ornament,” tutur Ester Joice Ludang, Ketua Himpunan Mahasiswa Desain Interior.

Baca Juga  Pre-Launcing Taman Sekar Wilis sebagai Destinasi Baru di Ponorogo

Alat dan bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan, seperti kertas angapo, isolasi, origami dan cutter. Suasana imlek pun kental terasa tidak hanya dirasakan lewat kegiatan membuat ornament saja, tetapi juga dirasakan melalui dekorasi ruangannya.

Beberapa sudut Creative Co-Design Studio yang berlokasi di gedung Q ruang Q901 kampus UK Petra itu juga akan dihiasi dengan ornament yang identik dengan warna merah, menambah kesan festive dalam perayaan khas tahun baru Cina ini.

Pameran yang digelar secara sederhana tersebut akan lebih menekankan pada kolaborasi dari FHIK. Sementara itu FHIK merupakan terobosan baru dari UK Petra yang merupakan gabungan dari Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Seni dan Desain serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Ady

Share :

Baca Juga

Jatim

Dukung Lesbumi Jadi Banom, Seni dan Budaya Tidak Cukup Jika Hanya Diwadahi dengan Lembaga

Jatim

Polres Ponorogo Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Semester I TA. 2022

Birokrasi

Triwulan I Meningkat, Bandara Juanda Didominasi Penumpang Penerbangan Domestik

Health

Waspadai Anak Anda dari Hepatitis Akut

Jabar

Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Bogor Telan Satu Korban Jiwa

Daerah

Gaduh Soal 622 Ribu BPJS Kesehatan Non Aktif, Mulai Ada Solusi dari Pemprov Jatim

Jateng

Kabar Duka, Dalang Legendaris Ki Manteb Sudarsono Wafat di Usia 72 Tahun

ACEH

Kapolda Terima Audiensi Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Aceh