Home / Birokrasi / Daerah / Demokrasi / Hukum / Jatim / Nasional / News / Peristiwa

Kamis, 30 Juni 2022 - 15:04 WIB

Resmikan Rumah Restorative Justice di Unair Surabaya, Kajati Mia Amiati Dapat Lencana Emas Dari Gubernur Jatim

Editor - ADDY

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kajati Jatim), Dr. Mia Amiati kembali resmikan ‘Omah Rembug Adhiyaksa’ atau Rumah Restorative Justice (RJ) di Kampus B Universitas Airlangga Surabaya, Kamis (30/6/2022).

Peresmian Rumah Restorative Justice sendiri didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, PJU Polda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya. Serta Kepala Kejari Surabaya Raya, diantaranya Surabaya, Tanjung Perak, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto Kota dan Mojokerto Kabupaten.

Mia merinci sampai saat hampir 184 Rumah Restorative Justice yang sudah terbentuk seluruh wilayah se-Jatim. Mulai dari kabupaten, hingga kota sekalipun. Salah satunya di Kampus B Unair Surabaya.

Baca Juga  Peringati HUT Kemerdekaan Indonesia, Ratusan Pedagang Pasar Minulyo Gelar Sujud Syukur

Dari jumlah tersebut, ada beragam perkara pidana yang dapat diselesaikan agar tak sampai di persidangan. Mulai dari perselisihan, pertikaian, hingga pencurian. “Untuk RJ sendiri, ada 74 perkara (yang telah rampung),” kata Mia dalam sambutannya di Aula Pancasila Kampus B Unair Surabaya, (30/6).

Selain itu, ke depannya lanjut Mia, kebijakan dan strategi bagian penegakan hukum nasional ditujukan pada perbaikan sistem hukum pidana dan perdata yang ada, termasuk di wilayah hukumnya. Seiring dengan kegunaan Rumah RJ, yaitu sebagai tempat musyawarah masyarakat sebelum masuk ke ranah penegak hukum.

Baca Juga  Wow! 18 Mahasiswa UK Petra Lolos Masuk Program MSIB

Rumah RJ adalah sebuah manifestasi kejaksaan dan implementasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Dengan harapan, agar aparat penegak hukum di Indonesia diwajibkan mengedepankan restorative justice atau keadilan restorasi dalam menangani setiap perkara pidana.

Namun, hanya pidana tertentu dan ada syarat mutlak yang harus dipenuhi. Bahkan, untuk Kejaksaan, kemampuan jaksa untuk mengasah kearifan lokal di setiap daerah diwajibkan diasah dalam mewujudkan keadilan tersebut.

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Ketua DPR RI: Pandemi Menguji Semangat Demokrasi

Jatim

Memperingati HUT ke-75 Bhayangkara, Forkopimka Mlarak Gelar Tasyakuran

Daerah

Ciptakan Siswa Jombang Berprestasi, Begini Kata Kadisdikbud

Jatim

Kakek di Madiun Korban Covid-19, Gelar Unjuk Rasa Tunggal

DKI

Dewi Motik: Uparkati 2022 Produk Orba, Tapi Visinya Sangat Bagus

Birokrasi

Jaksa Sidangkan 3 Terdakwa Kasus Narkoba, Begini isi Dakwaannya

Daerah

Kunjungi PWNU, Ketua DPW PKS Jatim Sampaikan Visi Partai Islam Rahmatan Lil Alamin

Jatim

Bhakti Bhayangkara untuk Negeri, Wakapolres Ponorogo Tinjau Serbuan Vaksinasi Merah Putih di Umpo