Home / Nasional

Senin, 20 September 2021 - 12:32 WIB

Resmikan Rusun Pasar Rumput, Presiden: Permudah Aktivitas Ekonomi Masyarakat

Editor - admin

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput yang terletak di Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Senin, 20 September 2021. Rusun yang dibangun sejak tahun 2016 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial yang diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas ekonomi.

“Keberadaan pasar dengan fasos (fasilitas sosial) dan fasum (fasilitas umum) yang lengkap ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti pedagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya,” ucap Presiden.

Kepala Negara menyebutkan bahwa rusun yang dibangun dengan biaya Rp970 miliar ini, didukung oleh jalur transportasi yang baik, sehingga dapat memudahkan mobilitas penghuninya.

Baca Juga  Tekan Nol Emisi Karbon, Percepat Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

“Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik, terintegrasi dengan _busway_ dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas,” jelas Presiden.

Presiden berharap keberadaan rusun ini dapat meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan hunian yang nyaman, terjangkau, dan dapat memfasilitasi kegiatan produktif masyarakat.

“Saya berharap dengan beroperasinya Rusun Pasar Rumput ini bisa membantu saudara-saudara kita untuk memiliki hunian yang layak dan nyaman dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi,” tuturnya.

Selain itu, Presiden menuturkan, keberadaan rusun ini juga akan dapat menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir.

Baca Juga  Tekan Nol Emisi Karbon, Percepat Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

Untuk diketahui, Rusun Pasar Rumput dibangun dengan konsep _mixed-use development_ dan memiliki 1.984 unit hunian tipe 36 yang terdapat di lantai 4 sampai lantai 25. Selain itu, pada lantai 1 rusun ini juga dibangun pasar dengan 318 kios dan 350 los, pada lantai 2 terdapat 649 kios, serta pada lantai 3 terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Share :

Baca Juga

Nasional

Bertolak ke Sumatera Utara, Presiden Akan Tinjau dan Resmikan Sejumlah Infrastruktur

Nasional

Diterjang Cuaca Ekstrim 8 Siswa di Lebak Alami Luka-Luka

Gadget

Jaga Udara Dalam Ruangan Agar Selalu Segar, Ini Tipsnya

Nasional

Presiden Resmi Luncurkan Fondasi Baru Bagi Aparatur Sipil Negara

Nasional

Keren, SIG-Kementrian PUPR Gelar Pelatihan Tenaga Konstruksi

Birokrasi

Polda Jatim Ringkus Dua Pelaku Penjualan Satwa Dilindungi di Medsos

Birokrasi

Dua Wartawan KOMPAK Akan Berangkat Umroh, ini Harapan Ketum DPP IPHI

Birokrasi

Tiga Oknum Polisi Surabaya Nyabu Sudutkan Saksi Penangkap dari Paminal Propam Mabes Polri